Perkuat Gugus Tugas Desa Cegah Covid-19

PANDEGLANG, (KB).- Kepala Puskesmas Cikedal Iwan Kurniawan terus memperkuat peran tim gugus kecamatan dan desa dalam rangka pencegahan corona virus disease 2019 atau covid-19.

“Kami terus mengoptimalkan peran gugus tugas yang ada di kecamatan dan desa. Salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, yakni antisipasi pemudik menjelang lebaran. Selain itu, melakukan pengawasan dan penjagaan jalur menuju desa, karena khawatir ada pemudik masuk ke wilayah Cikedal,” kata Kepala Puskesmas Kecamatan Cikedal Iwan Kurniawan saat memberikan pembinaan kepada gugus tugas kecamatan dan desa di Cikedal, Selasa (12/5/2020).

Menurut dia, pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik lebaran. Oleh karena itu, imbauan pemerintah harus didukung agar tidak terjadi penyebaran virus corona ke daerah.

Sementara untuk mewaspadai kemungkinan adanya pemudik lebaran, pihaknya berharap tim gugus tugas Covid-19 terus meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan TNI, Polri, aparatur kecamatan, desa dan tingkat RT dan RW.

“Seperti kita ketahui, munculnya kasus penyebaran virus corona di Pandeglang berasal dari pendatang. Jadi harus kita putus mata rantainya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekmat Cikedal Rii Djuaini mengatakan,pemerintah daerah, Pemprov Banten dan pusat terus berupaya melakukan penanganan penyebaran Covid-19 serta memikirkan dampak sosial ekonomi masa pandemi Covid-19.

“Untuk itu, kami tim gugus tugas hadir membantu meringankan beban masyarakat dengan menyalurkan bantuan sembako. Selain itu, mendistribusikan bantuan dari pusat, provinsi maupun kabupaten,” ujarnya.

Ia menilai, bantuan sembako sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak virus corona karena meringankan beban warga.

“Dalam penyalurannya kita prioritaskan masyarakat yang betul-betul membutuhkan bantuan,” tuturnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here