Kamis, 18 Oktober 2018

Peringati Hari Lahir, Fakultas Dakwah UIN Banten Bedah Buku

SERANG, (KB).- RABU (10 0ktober 2018) menjadi hari istimewa bagi Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Beragam kegiatan dilaksanakan untuk memperingati hari lahirnya Jurusan BKI yang ke-10. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Su’adi Saad, M.A.

Hari ini, kegiatan intinya adalah acara bedah buku. Buku yang dibedah adalah “Banten dalam Perspektif Konseling”. Sebuah buku yang di dalamnya terdiri atas kumpulan tulisan mahasiswa/i BKI semester IV 2016/2017 dan 2017/2018.
Sebelumnya, karya tulis mahasiswa tersebut lolos terbit di media cetak lokal atau regional. Karya tulis mahasiswa itu juga dimuat di media daring skala nasional.

Buku tersebut adalah apresiasi dari dosen pengampu mata kuliah Creative Writing, yaitu Dr. Yanwar Pribadi, Ph.D. Tulisan tersebut merupakan tugas dari mata kuliah tersebut.

Tulisan mereka yang lolos dan terbit secara otomatis mendapatkan nilai A. Isi buku tersebut adalah tulisan mereka yang menyangkut soal perilaku, pendidikan, kebudayaan, komunitas juga pariwisata dan pengembangan ekonomi seputar Banten dari 20 mahasiswa.

Semacam tulisan bunga rampai, di mana setiap mahasiswa menulis tema tertentu berdasarkan amatan, pengalaman juga riset kecil-kecilan. Sebuah karya yang cukup luar biasa.

Pihak jurusan sangat apresiatif terhadap tulisan mereka, hingga difasilitasi untuk dibukukan. Sebuah tradisi ilmiah yang harus terus dikembangkan di dunia kampus.

Ini menjadi model untuk jurusan-jurusan lain membuka mata kuliah Creative Writing. Bisa jadi tiga atau lima tahun ke depan UIN SMH Banten akan sejajar dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam urusan literasi.

Kampus UIN SMH Banten akan menjadi kampus literasi pertama di Banten, menjadi kampus unggulan berbasis literasi. Sebuah pekerjaan rumah bersama, harus didukung oleh semua pihak, mulai dari rektor hingga ujung tombak kampus, yaitu dosen.

Sebagai pembedah buku karya mahasiswa di atas adalah IIP RIFAI, seorang kolumnis yang namanya sudah malang melintang di dunia penulisan artikel.

Hampir setiap pekan tulisannya muncul di Kabar Banten. Di samping sebagai penulis, ia juga penggiat Omar Institute dan aktivis Komunitas Bela Indonesia yang konsen dengan kajian Pancasila.

Selamat ulang tahun yang ke-10 Jurusan BKI, Fakultas Dakwah, UIN SMH Banten. Jaya terus, terus jaya. (Arul)*


Sekilas Info

Randis ”Prado” untuk Wali Kota Terpilih, Pemkot Serang Anggarkan Rp 1,8 Miliar

SERANG, (KB).- Kendaraan dinas (randis) Wali Kota Serang dianggarkan Rp 1,8 miliar pada APBD Perubahan 2018. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *