Peringati Hari Bumi, Astra Tol Tangerang-Merak Tanam 3.000 Mangrove di Pulau Dua

PT Marga Mandalasakti (Astra Tol Tangerang-Merak) menanam 3.000 pohon mangrove di Pesisir Pulau Dua, Kelurahan Karangantu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Rabu (24/4/2019). Selain memperingati Hari Bumi, penanaman mangrove juga sebagai upaya perlindungan dan konservasi lingkungan.

“Penghijauan yang kami Iakukan ini tentunya memiliki berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Selain dapat menahan abrasi pantai, mangrove juga dapat menjadi habitat biota laut,” kata Direktur SDM dan Pelayanan Bisnis PT Marga Mandalasakti Masrana.

Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten dan DLH Kota Serang serta KPAPPD Serang. Mangrove tersebut, ujar dia, juga dapat dimanfaatkan masyarakat Pesisir Pulau Dua yang merupakan petambak bandeng untuk menjaga longsoran pinggir kolam tambak.

Ia menuturkan, tanaman mangrove yang Iapuk akan menjadi lumpur empuk sebagai sumber pakan ikan, sehingga dapat menghemat biaya pakan ikan. “Mudah-mudahan bisa memberikan nilai tambah untuk perekonomian masyarakat di sekitar sini,” ucapnya.

Lokasi Pulau Dua dipilih, karena Astra Tol Tangerang-Merak berada di Serang dan ingin bersama-sama untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar. Salah satunya melakukan sesuatu yang juga dapat berdampak langsung kepada masyarakat sekitar.

Penanaman mangrove tersebut, juga akan dipantau dan dirawat oleh Kelompok Pencinta Alam Pesisir Pulau Dua (KPAPPD) Serang dan komunitas dari Astra Tol Tangerang-Merak itu sendiri.

“Jadi, memang kami akan melakukan sustainable maintenence yang bekerja sama dengan pencinta alam lingkungan setempat. Kami juga memiliki tim dan komunitas lainnya,” katanya.

Setiap tahunnya, ujar dia, Astra Tol Tangerang-Merak memiliki program rutin, seperti pada 2019 ini ada program “Go Green”. Pada bulan sebelumnya, pihaknya telah melakukan Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (Pranaraksa), terdiri atas 18 jenis tanaman buah langka di akses Gerbang Tol Cikande.

“Memang sebelumnya kami memiliki program juga dengan melakukan penanaman pohon langka di sepanjang jalan tol. Jadi, kami berharap ini dapat bermanfaat tidak hanya bagi kami, tapi juga seluruh masyarakat yang ada di lingkungan ini,” ucapnya.

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Yudi Suryadi mengatakan, Pesisir Pantai Utara Kota Serang mengalami abrasi yang cukup tinggi.

“Dengan adanya penanaman mangrove yang dilakukan ini, semoga dapat membantu melindungi Pantai Utara di Kota Serang. Kemudian, seperti yang disampaikan tadi, juga dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar,” tuturnya. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here