Peringatan May Day, Buruh Diajak Manfaatkan Program Tangerang Cerdas

TANGERANG, (KB).- Memperingati Hari Buruh atau May Day, ratusan buruh di Kota Tangerang diajak memanfaatkan Program Tangerang Cerdas. Hal tersebut terungkap saat Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menghadiri peringatan Hari Buruh Sedunia di Alun-alun Lapangan Ahmad Yani, Rabu (1/5/2019).

Menurut dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah menyiapkan Program Tangerang Cerdas yang bisa dimanfaatkan oleh pekerja, agar anak-anaknya mendapatkan jaminan sekolah tanpa dipungut biaya atau gratis.

Di mana, kata dia, pemkot telah menyediakan sarana dan prasarana bagi buruh melalui berbagai program, di antaranya bagi keluarga pekerja, disiapkan beasiswa melalui Program Tangerang Cerdas sebagai jaminan anak-anak tak putus sekolah.

“Silakan ikuti program ini, karena ini sangat membantu dalam bagian tanggung jawab pemerintah untuk memastikan anak-anak tetap sekolah,” ujarnya.

Lalu, di bidang pendidikan lainnya, adalah Pemkot Tangerang telah menggratiskan uang bulan SPP tak hanya di sekolah SD dan SMP negeri, tetapi juga swasta. “Mungkin satu-satunya di nasional yang menjalankan program ini,” ucapnya.

Kemudian, di bidang kesehatan, ada program ambulans gratis yang bisa dihubungi selama 24 jam. Lalu, ada Program UHC yang melakukan kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan perhatian kepada masyarakat, termasuk buruh di dalamnya. Sehingga, kesejahteraan juga sangat diperhatikan,” tuturnya.

Rancang Festival Buruh

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kota Tangerang tersebut, berencana menyelenggarakan Festival Buruh pada peringa-tan Hari Buruh Internasional, untuk mempererat silaturahim para buruh serta keluarga mereka.

“Ke depannya kami rancang, agar dibuat Festival Buruh yang isinya ada tempat main anak dan kegiatannya pun meriah, sehingga menjadi acara piknik,” ucapnya.

Ia menambahkan, peringatan Hari Buruh Internasional mestinya juga menjadi momentum untuk mempererat kebersamaan antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah.

Wali Kota Tangerang juga mengapresiasi peran para buruh di Kota Tangerang dalam menjaga hubungan harmonis dengan pengusaha dan pemerintah serta mendukung terwujudnya iklim usaha dan investasi yang kondusif.

Sebagai kota layak investasi, dia mengatakan, Pemerintah Kota Tangerang telah menjalankan program-program yang ditujukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan buruh.

“Mari bersama-sama menjaga iklim investasi di kota ini dengan baik, agar ke depannya kesejahteraan dapat kita wujudkan bagi semua pihak,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Peringatan May Day di Kota Tangerang Agus Gunawan menuturkan, semua serikat pekerja dan serikat buruh ikut terlibat dalam hari kebebasan buruh.

“Kalau katanya ada yang ke Jakarta itu hanya satu serikat, namun tidak semua ke Jakarta, yang lainnya semua datang ke sini (Alun-alun). Kami semua libatkan. Kami tidak melarang mau datang ke sini silakan mau Jakarta juga silakan kami tidak ada paksaan,” ucapnya yang juga Wakil Ketua Bidang Advokasi F SP LEM SPSI Kota Tangerang.

Selain itu, tutur dia, tuntutan buruh dalam peringatan May Day tersebut, serikat pekerja dan buruh menuntut ada kenaikan upah dan mununtut pemerintah untuk mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015.

“Oh ya dari buruh dan serikat pekerja kami menuntut untuk 2020 yang jelas upah. Kan upah ini sekarang ini terbentur dengan aturan dengan PP 78 mudah-mudahan pemerintah bisa mencabut atau mengubah PP 78,” katanya.

Lomba mancing

Sementara itu, di Kabupaten Tangerang, peringatan May Day digelar dengan kegiatan lomba mancing. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menanggapi positif lomba memancing ikan dalam memperingati Hari Buruh Internasional, karena dapat mempererat komunikasi pekerja dengan pemerintah daerah.

“Kegiatan ini dapat menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan yang pada akhirnya dapat memberikan kenyamanan dan kesejahteraan bagi para pekerja,” ujarnya.

Dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Moch Maesyal Rasyid, Bupati Tangerang menyambut baik kegiatan tersebut, karena banyak memberikan manfaat khususnya bagi buruh yang tergabung dalam serikat pekerja.

Bahkan, dalam lomba tersebut, untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas, dengan tetap mengedepankan semangat fair play, sehingga tujuan kegiatan tersebut, mempererat tali silaturahim dan rasa solidaritas sesama pekerja. Dalam acara tersebut, panitia melepaskan ikan dengan berat 2,5 ton jenis ikan emas ke danau buatan dan memberikan hadiah utama 5 sepeda motor.

Namun, acara mancing bareng tersebut, terselenggara berkat kerja sama serikat pekerja dengan Polresta Tangerang, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang, sedangkan memancing bareng tersebut, merupakan puncak rangkaian peringatan Hari Buruh 2019 tingkat Kabupaten Tangerang yang sebelumnya menggelar lomba sepak bola, voli, catur, bulu tangkis, dan donor darah.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tangerang Ahmad Supriyadi, Dandim 0510 Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Tampubolon, serta Kepala Disnaker Kabupaten Tangerang Jarnaji.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Citra Raya Ahmad Supriyadi mendukung keterlibatan lintas institusi dalam peringatan Hari Buruh.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tangerang tersebut mengatakan, Hari Buruh sejatinya harus dapat diperingati oleh lintas kalangan, tidak hanya terbatas para pekerja. Ia menambahkan, pihaknya berharap, kebersamaan buruh dengan berbagai elemen dapat terus terjalin. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here