Peringatan HUT RI Akan Dilaksanakan Sederhana

TANGERANG, (KB).- Pada masa pandemi Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berencana memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 nanti secara sederhana.

Pelaksanaan HUT RI yang alakadarnya itu mengacu pada Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-492/m.sesneg/set/TU.00.04/07/20.

Dalam surat tersebut diimbau bahwa pelaksanaan peringatan 17 Agustus 2020 dilakukan secara sederhana. Dalam tata laksana upacara bendera pun hanya dilakukan oleh tiga orang petugas dari paskibraka.

Bahkan, di wilayah Kabupaten Tangerang perayaan pawai obor yang menjadi tradisi sehari sebelum hari kemerdekaan ditiadakan. Pemerintah juga meniadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan masyarakat pada momen perayaan 17 Agustus.

Meski pelaksanaan upacara bendera tetap digelar di lapangan Maulana Yudha Negara akan tetapi jumlah peserta dibatasi 50 persen dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Pelaksanaan HUT RI ke 75 kali ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi virus corona yang masih melanda negeri ini,” kata Kadis Perikanan yang juga Ketua Panitia HUT RI ke 75 Tingkat Kabupaten Tangerang, Jaenudin, Rabu (15/7/2020).

Ia menambahkan, tidak ada prosesi defile pasukan dalam upacara pengibaran bendera merah putih tahun ini. Dipastikan, pelaksanaan upacara akan berlangsung dengan konsep sederhana dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Panitia juga menyiapkan satu ruang transit untuk kalangan terbatas. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here