Jumat, 14 Desember 2018

Peringatan HUT ke-18, Pemprov Banten Siapkan Pesta Rakyat

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menyiapkan pesta rakyat dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-18 Provinsi Banten yang akan digelar di Kawasan Banten Lama, Kota Serang. Namun untuk pendanaan sejumlah komponen kegiatan tersebut, pemprov mengandalkan sumbangan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) atau tidak menggunakan APBD.

Pj Sekda Banten, Ino S Rawita mengatakan, komponen pesta rakyat yang tidak didanai oleh APBD diantanya pakaian adat, isi panjang mulud, hadiah panjat pinang dan makanan. Meski demikian, kata dia, tidak ada penekananan berapa jumlah yang harus disumbangkan ASN atau mengandalkan keikhlasan.

“(Saat panjang mulud) nanti ada gunungan, ada sarung, mungkin ada kopiah. Itu mungkin dari masing-masing yang ikhlas, silakan nanti bagi-bagi sama masyarakat. (Sumber pembiayaan) Dari tukinnya, hitung-hitung ibadah. Pak Gubernur mengharapkan ikhlas untuk kepentingan upacara ulang tahun Banten. Jangan ada ASN yang terpaksa. Mudah-mudahan jadi ibadah,” kata Ino, Selasa (25/6/2018).

Terkait pakaian adat HUT Provinsi Banten yang harus disediakan sendiri, yaitu pakaian khas Banten untuk pejabat eselon II, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) dan eselon III. Sedangkan untuk eselon IV, menggunakan batik asal Banten dengan bawahan berwarna gelap serta memakai peci hitam. “Dari hasil kesepakatan bersama, seluruh peserta nantinya akan menggunakan baju khas Banten. Saya juga ngukur sendiri, biaya sendiri nanti,” katanya.

Persiapan capai 70 persen

Ia mengatakan, persiapan HUT Provinsi Banten sudah mencapai 70 persen. Lokasi HUT Provinsi Banten dipusatkan di Banten Lama, kecuali paripurna istimewa yang tetap di Gedung DPRD Banten.  Rangkaian HUT Provinsi Banten di Banten Lama dimulai dari pagi hari.

Kegiatan pertama akan diisi oleh ziarah bersama dan dilanjutkan dengan apel yang akan dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan Pemprov Banten. “Kemudian setelah itu, nanti itu pesta rakyat. Ada hiburan, ada makanan gratis, ada panjang mulud, panjat pinang, pasar murah, segala ada. Tapi mungkin para pimpinan karena harus ikut paripurna, sebelum pukul 14.00 WIB akan berangkat ke Gedung DPRD untuk mengikuti paripurna istimewa HUT Provinsi Banten,” ujarnya.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengaku, optimis pelaksanaan HUT Provinsi Banten akan dilaksanakan di Banten Lama. Saat ini, proses revitalisasi terus dilaksanakan agar layak digunakan saat HUT Provinsi Banten. “Sekarang kan yang lagi kita kejar pemasangan marmer yang kurang lebih luasnya 1,4 hektare di plaza alun-alun. Insya Allah target akan tercapai dan pasti akan tercapai,” katanya. (SN)*


Sekilas Info

Pemuda Karang Taruna Lopang Indah Senang Ikut Senabung

Pemuda Karang Taruna Taman Lopang Indah yang terdiri dari Gelar, Azmi, Andre dan Rian, Jum’at …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *