Peringatan Harganas 2019 Kabupaten Tangerang, Pembentukan Kualitas SDM Bermula dari Keluarga

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin akan melaksanakan pembangunan yang fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Pembangunan tersebut  tentunya harus pula diikuti dengan pembangunan di bidang kependudukan terutama pembangunan dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas yang dapat dimulai dari pembangunan keluarga.

“Pembentukan Kualitas SDM yang baik bermula dari dalam keluarga. Hal tersebut menjadi hal yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa karena keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi generasi mendatang,” ujar Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten Drs Aan Jumhana, saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 Tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2019, di Kecamatan Kemiri, Rabu (27/11/2019).

Aan mengatakan, perubahan lingkungan yang terjadi ditambah dan perkembangan teknologi informatika telah mempengaruhi pola dan gaya hidup modern yang cenderung individualis di masyarakat, begitu pula yang terjadi dalam tatanan hidup keluarga, seperti pola interaksi dan komunikasi, baik antar anggota keluarga maupun antar keluarga dengan masyarakat.

“Menghadapi situasi demikian, saya setuju dengan  aksi yang digalakkan dalam peringatan Harganas tahun ini, yaitu Gerakan kembali ke meja makan, Gerakan untuk tidak melihat media social dan TV pada pukul 18.00 – 21.00, atau gerakan 1821. Melalui gerakan ini diharapkan setiap anggota keluarga secara bersama-sama melakukan aktifitas yang mengarah pada nuansa kebersamaan,” ujar Aan.

Dalam memperingati  Harganas ini, kata dia, pemerintah mempunyai 4 (empat) konsep besar keluarga yang diharapkan mampu menjadi solusi terhadap masalah yang dihadapi keluarga yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga berbagi.

“Keempat konsep ini akan dapat terwujud apabila keluarga-keluarga dapat menjalan 8 (delapan) fungsi keluarga, yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosialisasi, fungsi pendidikan, fungsi reproduksi, fungsi pembinaan lingkungan, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi dan fungsi kasih sayang. Selamat Hari Keluarga,” ujar Aan.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, Harganas merupakan momentum upaya membangun keluarga kecil berkualitas mencapai penduduk tumbuh seimbang menuju Kabupaten Tangerang gemilang.

“Melalui momentum ini para keluarga diharapkan dapat melakukan reorientasi terhadap peran dan fungsi keluarga dalam melahirkan dan mencetak generasi muda harapan bangsa yang berkualitas,  yaitu generasi yang memiliki watak dan budi pekerti yang baik dan siap untuk melanjutkan pembangunan bangsa khususnya pembangunan di Kabupaten Tangerang,” ujar Zaki.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang beserta seluruh lapisan organisasi perempuan yang berada diwilayah Kabupaten Tangerang dan semua pihak yang senantiasa berkomitmen, bergotong royong, berperan serta ikut bertanggung jawab melalui program kerja yang secara concen berupaya meningkatkan kualitas kesejahteraan keluarga bagi masyarakat Kabupaten Tangerang,

“Saya berharap dengan terlesenggaranya acara ini mampu mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera dari berbagai aspek sosial ekonominya agar bisa benar-benar tercapai sebagai mana yang kita harapkan,” ujar Zaki.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang Yuli Zaki Iskandar mengatakan, Peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2019 ini dilaksanakan atas dukungan Pemerintah Kabupaten Tangerang dan berbagai stakeholder. 

“Hari Keluarga yang kita peringati tanggal 29 Juni setiap tahunnya merupakan perwujudan kepedulian dan perhatian dari kita semua dalam upaya menjadikan keluarga sebagai subyek dan obyek pembangunan bangsa. Peringatan Hari Keluarga merupakan upaya untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa betapa pentingnya suatu keluarga,” ujar Yuli.

Ia mengatakan, pada tahun ini peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI Kabupaten Tangerang 2019 mengambil tema “Hari keluarga hari kita semua, cinta keluarga cinta terencana, kalau terencana semua akan lebih baik”. Acara ini kita selenggarakan sekaligus mencanangkan 20 kampung KB Kabupaten Tangerang tahun 2019.

“Semoga kegiatan ini dapat mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dalam upaya pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk dan mobilitas penduduk yang terarah dan terpadu,” pungkas Yuli. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here