Peringatan Harganas 2019 Tingkat Provinsi Banten, “Hari Keluarga : Hari Kita Semua”

Upacara Bendera Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2019 tingkat Provinsi Banten, di halaman Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Jumat (28/6/2019).*

SERANG, (KB).- Sejak tahun 1993, setiap tanggal 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas). Hal ini dilaksanakan sesuai dengan amanat dari Keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional. Keppres tersebut dikeluarkan karena pemerintah menyadari pentingnya keluarga dalam membangun suatu bangsa, keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara.

“Peringatan Harganas tahun 2019 ini mengusung tema ‘Hari Keluarga : Hari Kita Semua’  dengan inti pesan ‘Cinta Keluarga, Cinta Terencana’,” ujar Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten Drs. Aan Jumhana M.Si, saat bertindak sebagai Pembina upacara bendera peringatan Harganas tingkat Provinsi Banten, di halaman kantor BKKBN Provinsi Banten di KP3B, Curug, Kota Serang, Jumat (28/6/2019). Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh karyawan BKKBN Provinsi Banten.

Aan mengatakan, keluarga memiliki 8 (delapan) fungsi yaitu Fungsi Agama, Cinta Kasih, Perlindungan, Ekonomi, Pendidikan, Reproduksi, Sosial Budaya, serta fungsi Lingkungan. Melalui 8 (delapan) fungsi keluarga tersebut diharapkan setiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakan, mengingat setiap fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

“Delapan (8) fungsi keluarga tersebut bila diimplementasikan niscaya akan tumbuh anak bangsa Indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji apalagi dalam situasi dan kondisi yang serba transparan saat ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, peringatan Harganas tahun ini masih mengedepankan keikutsertaan keluarga dan mencerminkan penerapan 4 (empat) pendekatan ketahanan keluarga yaitu Keluarga berkumpul (reuniting), Keluarga berinteraksi (interacting), Keluarga berdaya (empowering), serta Keluarga peduli dan berbagi (sharing and caring). Salah satu kegiatan yang digalakkan dalam momentum Harganas XXVI Tahun 2019 adalah “Gerakan Kembali ke Meja Makan” dan Gerakan “tidak melihat Media sosial dan TV pada pukul 18.00 – 21.00 atau Gerakan 1821”.

Oleh karena itu, pada peringatan Harganas Tahun 2019 ini dan seterusnya nanti, pemerintah mengharapkan pelaksanaan Peringatan Hari Keluarga tepat tanggal 29 Juni, sebagaimana amanah Perpres No. 39 Tahun 2014 tersebut. Hal tersebut dimaksudkan agar Hari Keluarga lebih membumi secara bertahap,  lebih bisa dirasakan nuansa cinta, kasih dan sayang antar anggota keluarga sehingga makna Hari Keluarga benar-benar dapat dirasakan oleh keluarga-keluarga di masyarakat.

“Betapa indahnya apabila pada saat ini kita, antar anggota keluarga, ayah dengan ibu, anak, anggota keluarga lainnya, antar tetangga, antar pegawai pemerintah dan swasta, anak remaja, generasi muda sampai lansia saling berjabatan tangan, berangkulan dengan senang hati dan ikhlas, memberi salam dengan mengucapkan “Selamat Hari Keluarga”. Dengan berjalannya silaturahmi di Hari Keluarga ini Insya Allah akan terwujud masyarakat yang memiliki jiwa kebersamaan, gotong royong dalam kedamaian,” ujar Aan.

Lebih lanjut ia mengatakan, puncak acara peringatan Hari Keluarga Nasional tahun 2019 ini, akan dilaksanakan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7/2019). Kegiatan ini mengunakan kata kunci (hastag) diantaranya  #harganas2019 #yukkumpulbersamakeluarga  #gerakankembalikemejamakan  #harganaskalsel. “Selamat Hari Keluarga,” ucap Aan. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here