Perguruan Tinggi Diminta Tingkatkan Kompetensi

SERANG, (KB).- Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Sholeh Hidayat meminta perguruan tinggi terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) untuk menyesuaikan perkembangan zaman.

“Seperti yang diungkapkan Pak Menteri Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), kita harus melakukan terobosan dan inovasi untuk meningkatkan angka pastisipasi kasar (APK),” kata Sholeh saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Lapangan Teater Terbuka Untirta, Kamis (2/5/2019).

Ia mengatakan, perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia terus mengalami perkembangan. Jumlah instansi pendidikan tinggi di Indonesia sudah mencapai 4.741. Namun, dengan penyelenggara sebanyak itu, Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi pada 2018 masih 34, 58%.

Ia mengatakan, hal tersebut artinya masih ada sekitar 65% anak-anak usia kuliah tidak mampu mengenyam pendidikan tinggi.

“Salah satunya meningkatkan jumlah mahasiswa di perguruan tinggi, dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembangunan. Serta pasar kerja sehingga menghasilkan lulusan yang berdaya saing,” ujarnya.

Ia mengatakan, tema Hardiknas yakni mewujudkan “SDM kompetitif, Inovatif dan berkarakter”. Tema tersebut sangat relevan untuk menghadapi kondisi dunia yang berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat.

“Mudah-mudahan kita dapat memajukan pendidikan di perguruan tinggi. Serta pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here