Perempuan Berperan Sentral Dalam Ketahanan Keluarga

Suasana Seminar Nasional "Dukungan dan Komitmen DWP BKKBN Pusat terhadap Program KKBPK", di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (4/7/2019).*

BANJARMASIN, (KB).- Dalam relasi atau hubungan keluarga, peran perempuan menjadi sentral karena kualitas hidup perempuan juga memberikan pengaruh besar pada ketahanan keluarga. Jika kualitas hidup perempuan tinggi, maka kuat pula ketahanan keluarga. Sebaliknya, jika kualitas hidup perempuan rendah, maka rapuh juga ketahanan keluarga.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal, saat membuka Seminar Nasional Dharma Wanita Persatuan (DWP) BKKBN tingkat nasional dalam rangka Harganas XXVI tahun 2019 di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (4/7/2019).

Ia mengatakan, salah satu mitra kerja BKKBN yang strategis adalah Dharma Wanita Persatuan (DWP). Dukungan komitmen yang sinergis dan terpadu dari para Pemangku Kepentingan dan Mitra Kerja sangat diperlukan oleh BKKBN dalam keberhasilan capaian pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). “Dukungan tersebut diperlukan secara operasional mulai dari tingkat pusat hingga ke lini lapangan,” ungkapnya.

Dharma Wanita mengambil peran yang sangat strategis dalam kesejahteraan dan ketahanan sebuah keluarga. Peran domestik ini bukanlah peran yang kecil dan sepele, yang sering dianggap mendiskreditkan dan mengecilkan kiprah wanita dalam memperjuangkan emansipasi dan kesetaraan gender. Karena sejatinya dharma seorang wanita bisa dibaktikan dimana saja, baik di ranah domestik maupun publik.

“Sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia, sudah selayaknya Dharma Wanita Persatuan memiliki ‘standing position’ dan mengambil peran strategis dalam konstelasi pembangunan nasional,” ujarnya.

Nofrijal mengatakan, kegiatan Dharma Wanita Persatuan (DWP) BKKBN tingkat nasional dalam rangka peringatan Harganas XXVI tahun 2019 ini, menjadi forum yang sangat relevan untuk membangun silaturahmi, sinergitas dan solidaritas organisasi, menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak dan memperluas jaringan. Selain itu, meningkatkan kepedulian sosial, mengembangkan potensi dan meningkatkan kapasitas anggotanya di berbagai bidang.

“Saya percaya bahwa DWP BKKBN adalah sosok yang mandiri, memiliki jiwa kepemimpinan, mampu memberdayakan diri untuk terus berkarya dan berkreasi, peka dan kritis dalam melihat isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat dan siap untuk meletakkan landasan moral dan etika luhur dalam keluarga,” ujar Nofrijal.

Saat ini, BKKBN sedang aktif mempromosikan dan membudayakan tagline ‘Kalau Terencana, Semua Lebih Mudah’. Merencanakan keluarga dimulai dari mengarahkan cinta menjadi cinta yang terencana, yaitu dimulai dari menyiapkan cinta remaja agar siap memasuki fase cinta dewasa. DWP BKKBN merupakan mitra kerja potensial dalam upaya mensosialisasikan dan mengerakkan masyarakat untuk membudayakan tagline tersebut.

“Mari kita dorong masyarakat untuk selalu memulai segala sesuatu dengan rencana, dalam setiap aspek kehidupan kita, yaitu diawali keluarga. Hidupkan kembali nilai-nilai keluarga melalui aktivitas berkumpul, berinteraksi, berdaya, berbagi dan peduli. Jadikan momentum Harganas untuk mengingatkan keluarga Indonesia betapa pentingnya arti sebuah keluarga,” pungkas Nofrijal.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan BKKBN, Dwikisworo Hasto Wardoyo dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pentingnya peran strategis perempuan dalam aspek pembangunan semakin meningkat. “Perempuan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas yang kita tetapkan yaitu Pendidikan, Ekonomi, dan Kesehatan. Untuk itu, program peningkatan kualitas dan pengembangan wawasan untuk Pengurus dan Anggota Dharma Wanita Persatuan lebih diperluas lagi,” ujar Dwikisworo.

Kegiatan yang bertema “Dukungan dan Komitmen DWP BKKBN Pusat terhadap Program KKBPK” tersebut, dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) BKKBN Dwikisworo Hasto Wardoyo, pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan BKKBN, baik tingkat pusat maupun daerah se-Indonesia. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here