Perekaman KTP-el di Provinsi Banten Capai 102 Persen

Sitti Ma'ani Nina, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten.*

SERANG, (KB).-Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Banten mencapai 100 persen lebih. Salah satu penyumbang capaian tersebut yaitu warga yang memasuki usia 17 tahun atau pemilih pemula.

Persentase tersebut berdasarkan data akumulasi pada semester II atau per Desember 2018 yakni sebanyak 10.223.740 orang warga Banten yang telah melakukan perekaman.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten, Sitti Ma’ani Nina mengatakan, dari delapan kabupaten/kota, tiga di antaranya belum 100 persen melakukan perekaman. Ketiga daerah tersebut yakni Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang.

“Posisi terakhir perekaman sudah 102 persen dan Banten diapresiasi kementerian. Kalau kami sisir diperkirakan sekitar 2 ribuan lagi yang belum perekaman. Dan itu kami kejar tahun ini, khususnya bagi masyarakat yang berusia 17 tahun,” kata Nina di ruang kerjanya, di Gedung Terpadu, KP3B, Kota Serang, Selasa (16/7/2019).

Nina menuturkan, capaian 100 persen lebih tersebut didapat dari hasil akumulasi 8 kabupaten/kota. Meski ada daerah yang belum 100 persen perekaman, bisa tertutupi oleh daerah lain.

“Dari beberapa daerah yang belum 100 persen juga ketutup sama daerah yang perekaman KTP-nya cukup tinggi seperti Tangsel. Dan (daerah) yang belum tercapai itu sebenarnya relatif tinggi juga, paling rendahnya saja perekamannya itu di posisi 97 persen. Itu Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, data pada semester I pada tahun ini belum bisa dikeluarkan karena masih menunggu keputusan dari pusat.

“Untuk semester satu kan baru selesai 30 Juni kemarin. Nah itu masih di kementerian (Kemendagri). Kami masih nunggu penetapannya baru bisa dipublis. Jadi untuk saat ini kami masih memakai data semesetar II akhir tahun lalu,” kata Nina.

Nina mengatakan, Pemprov Banten terus melakukan upaya percepatan perekaman KTP-el. Pada Selasa (16/7/2019), pihaknya mengumpulkan camat se-Kabupaten Tangerang untuk diberi arahan.

“Kabupaten Tangerang kan cukup rendah yah dari semua daerah. Makanya kami kumpulkan camatnya, dikasih arahan. Selain itu, kami juga mau tahu dari data yang ada apakah di daerahnya benar warga Banten semua atau bukan. Kami mau segera selesaikan. Kalau memang warga pindahan dikasih keterangan. Dan saya yakin kalau pemerintah setempat bisa kooperatif, bisa cepat selesai,” ujarnya. (RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here