Percepat Tindakan SAR, Basarnas Buka Gedung di Neglasari

TANGERANG, (KB).- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) meresmikan kantor pencarian dan pertolongan Jakarta. Peresmian kantor tersebut dilakukan di Jalan Marsekal Surya Dharma No.115 RT 002/004, Kelurahan Selapanjang, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Selasa (12/12/2017). Peresmian dilakukan oleh Kepala Basarnas Marsekal Muda (TNI) M. Syaugi, dengan turut dihadiri Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Syaugi menjelaskan, sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta memiliki tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di Provinsi DKI Jakarta. Bantuan yang diberikan berupa layanan pencarian dan pertolongan (SAR), baik dalam kecelakaan penerbangan, kecelakaan pelayaran, bencana dalam masa tanggap darurat, serta penanganan dalam kondisi membahayakan manusia.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya tersebut, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dituntut selalu dapat memberikan pelayanan yang profesional dan sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat. Profesional dalam arti mampu memberikan respons time yang cepat dan benar dalam pelaksanaan kegiatan SAR serta penuh tanggung jawab.

“Hadirnya gedung Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta yang baru ini, tentunya diharapkan dapat membantu mempercepat dalam menjangkau wilayah terjadinya suatu kecelakaan, sehingga akan didapat respons time terhadap setiap kecelakaan atau bencana yang lebih cepat,” ucap Syaugi.

Sementara Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengaku, meski menjadi kantor pelayanan wilayah Jakarta, Pemkot Tangerang telah berkoordinasi dengan Basarnas agar dapat bersinergi.

“Kita sudah koordinasi bahwa akan ada sinergi untuk penanggulangan bencana. Ketika terjadi bencana di Kota Tangerang, maka unit pelayanan ini akan membantu, begitu juga sebaliknya,” tutur Arief. Diketahui, saat ini Basarnas telah memiliki 38 kantor pencarian dan pertolongan yang tersebar di wilyah Indonesia. (DA)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here