Selasa, 21 Agustus 2018
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dan Rektor ITB, Kadarsah Suryadi saat menandatangani memorandum of understanding dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatangan digelar di Gedung Rektorat ITB , Ruang Rapim A, Jalan Tamansari Nomor 64, Kota Bandung, Jumat (8/6/2018).*

Percepat Pembangunan, Pemkab Serang Perluas Kerja Sama

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang memperluas kemitraan dengan perguruan tinggi dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Serang. Total sudah tujuh perguruan tinggi yang bekerja sama, yang terbaru Pemkab Serang menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Enam perguruan tinggi lainnya yang telah menjalin kemitraan, yaitu Universitasi Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Katolik Parahiyangan (Unpar) Bandung.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dan Rektor ITB, Kadarsah Suryadi menandatangani memorandum of understanding (MoU) antara Pemkab Serang dengan ITB. Penandatanganan digelar di Gedung Rektorat ITB , Ruang Rapim A, Jalan Tamansari Nomor 64, Kota Bandung, Jumat (8/6/2018).

Ia mengungkapkan, kerja sama dengan ITB dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. “Kami di Pemkab Serang punya keterbatasan anggaran, sehingga dibutuhkan kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk kalangan perguruan tinggi,” katanya.

Ia berharap, kerja sama tersebut menjadi sebuah inspirasi dalam percepatan pengembangan Kabupaten Serang. Saat ini, Pemkab Serang fokus dalam peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). “Oleh sebab itu, saya sangat berkomitmen untuk berinisiatif dan bersemangat melakukan kerja sama dengan ITB, mudah-mudahan ada berkah untuk kami semua, terutama Kabupaten Serang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kerja sama dengan ITB dilatarbelakangi, bahwa kebijakan otonomi daerah sesungguhnya memberikan tanggung jawab dan beban kerja yang jauh lebih berat kepada pemerintah daerah. Sementara, pemerintah daerah masih dihadapkan pada berbagai permasalahan klasik berupa keterbatasan kualitas dan kuantitas sumber daya, baik anggaran, sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana.

“Hal ini mengharuskan jajaran aparatur daerah untuk berpikir secara kreatif dan inovatif untuk membangun sistem manajemen pemerintahan yang lebih efektif dan efisien,” ucapnya.

Sementara, Rektor ITB, Kadarsah Suryadi mengatakan, sebuah kehormatan bagi ITB dapat bekerja sama dengan Kabupaten Serang. “Ini adalah salah satu bentuk keseriusan Pemkab Serang untuk membangun daerah,” tuturnya. Menurut dia, ITB memang banyak melakukan kerja sama dengan berbagai kabupaten atau provinsi hampir di seluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan, dengan pengalaman yang sudah diperoleh dari pihak ITB dapat memberikan manfaat yang baik dan yang dirasakan untuk pengembangan perencanaan kota atau desa di Kabupaten Serang,” katanya.

Penandatangan MoU tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa, Penjabat Sekda, Agus Erwana, Asda II, Irawan Noor, Kepala Bappeda, Anang Mulyana, Kadiskoperindag, Abdul Wahid, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Asep Nugraha Jaya, Kepala DKPTB, Ajat Gunawan, Sekretaris Bappeda, Rachmat Maulana, Kabid Bidang Jalan, Ronny, Kabag Tapem Setda, Rudiyanto, Kabag Kominfo, Anas Dwisatya, Kabag Faspim, serta Kabag Hukum, Sugihardono. (YY)*


Sekilas Info

LAZ Harfa Banten Gelar Sholat Ghaib dan Doa Bersama Untuk Korban Gempa Lombok

SERANG, (KB).- Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) Banten menggelar sholat ghaib dan doa bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *