Percepat Lelang Proyek 2018 

PANDEGLANG, (KB).- Anggota Fraksi PPP  DPRD Pandeglang meminta pemerintah daerah  agar mempercepat semua lelang proyek pembangunan tahun anggaran 2018. Dengan demikian, kata Ida, tidak lagi  ada keterlambatan progres pembangunan seperti terjadi pada tahun sebelumnya.

“Kami harap realisasi APBD dipercepat, khususnya lelang proyek pembangunan. Jangan sampai ada alasan mepet waktu, apalagi sampai terjadi gagal lelang. Hal itu bisa menghambat capaian target pembangunan,” kata anggota Fraksi PPP DPRD Pandeglang, Hj. Ida Hamidah kepada Kabar Banten, Ahad (7/1/2018).

Ia mengatakan, serapan APBD tahun 2017 kemarin menyisakan sisa lebih perhitungan anggaran atau Silpa. Angka Silpa tersebut fantastis ‎menembus Rp 200 miliar lebih. Padahal anggaran itu seharusnya terserap untuk pembangunan infrastruktur. “Sayang kan, harusnya masyarakat menerima manfaat pembangunan. Gara-gara anggaran tidak terserap, pembangunan batal dilaksanakan,”kata Ida.

Memasuki awal tahun ini, pemerintah harus lebih fokus mempercepat kegiatan pembangunan. Kegiatan bersifat penunjukkan langsung ‎harus lebih cepat dilaksanakan agar tidak terjadi penumpukan progres pembangunan. “Setiap tahun, kami sering menanyakan keterlambatan realisasi kegiatan. Dan itu anehnya, setiap tahun keterlambatan kegiatan terus terjadi. Akibatnya, bisa berdampak ke arah capaian RPJMD lima tahun ke depan,” ujarnya. Selain itu, pemerintah daerah harus merealisasikan kegiatan lelang sesuai perencanaan matang dan  anggaran yang terukur. Sehingga tidak terjadi ada perubahan kegiatan maupun penetapan lokasi saat proses lelang sedang berjalan.

Hal hampir senada dikatakan Ketua Laskar Merah Putih Indonesia, M.Abdurohman. Ia mengatakan, terdapatnya Silpa tahun 2017, harus menjadi pelajaran pemerintah daerah. Karena Silpa tersebut mubazir jika terjadi setiap tahun. “Seharusnya anggaran terserap maksimal dan masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan. Tapi karena serapan anggaran rendah, pembangunan pun tidak dapat dilaksanakan,” ujarnya.

Terpisah, Kabag Humas Pemkab Pandeglang, Mustandri mengatakan, ‎awal tahun ini semua kegiatan fisik maupun non fisik di setiap OPD akan dipercepat. Apalagi, Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita setiap memimpin rapat kerja selalu menekan soal lelang kegiatan harus dipercepat. “Masalah ini sudah disampaikan ke setiap OPD. Insya Allah tahun ini semua lelang bisa dipercepat,” ujar Mustandri.

Selain itu, lelang kegiatan juga harus menjadi perhatian pihak ketiga (rekanan). Sebab, kelambatan lelang bisa diakibatkan peserta lelang. Di antaranya sering terjadi kekurangan persyaratan lelang, masa sanggah dan lainnya. “Saya harap rekanan juga lebih mempersiapkan saat melakukan penawaran lelang kegiatan agar tidak terjadi kelambatan persyaratan,” ujarnya. (EM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here