Percasi Banten Rancang Program Regenerasi

TANGERANG, (KB).- Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Banten merancang program regenerasi atlet, yang diharapkan dapat menjadi unggulan di masa depan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga eksistensi prestasi percaturan Banten dikancah nasional, maupun internasional.

Rencana tersebut akan diberlakukan pada kepengurusan Percasi Banten pimpinan Amin Lukman, yang dalam waktu dekat akan menggelar pelantikan pengurus. Rencananya, pada 23 Februari ini kepengurusan baru Percasi Banten periode 2019-2023 akan dilantik.

Ketua Pengprov Percasi Banten Amin Lukman mengatakan, pelantikan tersebut akan digelar di Aula KONI Banten di Kota Serang. Amin menyatakan, dipilihnya KONI Banten sebagai tempat pelantikan, agar semangat untuk mengharumkan nama Banten tertanam di hati pengurus yang akan dilantik.

Terkait komposisi pengurus pada periode kepemimpinannya, Amin mengungkap semua yang dipilih mengusung keterwakilan dari 8 Pengcab Percasi se-Banten. Selain itu, ada beberapa bidang juga dipilih dari atlet catur Banten yang diharapkan bisa meningkatkan prestasi pecatur Banten.

“Salah satunya adalah Yulianti (Tjindarbumi) dia atlet catur putri Banten yang juga punya pengalaman sebagai pengajar di Sekolah Catur Utut Adrianto. Ilmu yang dia punya saya harap bisa ditularkan kepada atlet catur junior Banten,” ujarnya.

Pembinaan atlet junior menjadi fokus utama Amin pada kepengurusannya, karena dirinya ingin memulai melakukan regenerasi atlet catur Banten. Hal itu dilakukan berdasarkan apa yang terjadi pada Pra PON XX/2020 tahun lalu dimana Banten hanya meloloskan atlet veteran Dany Juswanto untuk tampil di Papua.

“Kami butuh ada wajah-wajah baru dalam kekuatan catur Banten di masa depan, sehingga Banten punya banyak atlet yang berprestasi tidak hanya mengandalkan pada atlet senior,” ujar Amin.

Untuk regenerasi atlet, Amin juga akan mengusulkan pada KONI Banten dan Kota Tangerang selaku tuan rumah Porprov VI/2022 untuk memperhatikan pembinaan atlet muda.

“Saya harap KONI Banten bisa mengakomodasi kegiatan Kejurda dan Kejurnas meski yang kami tahu dana untuk kegiatan tersebut minim, karena kami ingin mementaskan atlet muda di dua ajang tersebut,” tuturnya.

“Dan untuk Kota Tangerang, kami ingin pada Porprov VI nanti ditambah kelas khusus yakni kelas junior. Ini untuk mengakomodasi pembinaan berjenjang berkesinambungan yang akan kami lakukan,” katanya. (YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here