Perayaan HUT ke-72 RI di Banten, Semarak Isi Kemerdekaan Wujudkan Kesejahteraan

SERANG, (KB).- Upacara peringatan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Provinsi Banten, di lapangan KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (17/8/2017), berlangsung khidmat. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sempurna melaksanakan tugasnya dengan baik. Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Banten Wahidin Halim untuk kali pertama. Sementara, komandan upacara dipercayakan kepada Kabagbin Opsnal Ditsabhara Polda Banten AKBP Sofwan Hermanto. Sementara Perwira Upacara dipercayakan kepada Karo SDM Polda Banten Kombes Andi Syahriful Taufik. Pembacaan teks Proklamasi Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah.

Turut hadir di panggung kehormatan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Sekda Banten Ranta Soeharta, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Banten (forkominda), Mantan Wakil Gubernur Banten HM Masduki, tokoh serta pendiri Provinsi Banten, anggota DPR RI asal Provinsi Banten, anggota DPRD Provinsi Banten, pejuang veteran perang, kepala SKPD, serta pimpinan BUMD dan BUMS. Tak ketinggalan, peserta upacara yang di dominasi oleh pegawai dan PNS Pemprov Banten, pelajar, mahasiswa, TNI, Polri, Pol PP, serta masyarakat umum. Namun, tidak ada pidato atau amanat yang disampaikan gubernur dalam upacara tersebut.

Dalam beberapa kesempatan, Gubernur Banten Wahidin Halim menuturkan, salah satu bagian dalam mengisi kemerdekaan yakni pembangunan dalam segala bidang seperti infrastruktur, pendidikan dan kesehatan sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Saya kira cita-cita kemerdekaan kita harus wujudkan agar masyarakat merasakan itu. Khususnya dalam pembangunan seperti infrastruktur, pendidikan dan meningkatkan ekonomi keluarga dalam menghadapi era globalisasi,” kata Gubernur.

Wahidin berharap, di hari kemerdekaan Indonesia ini, khususnya warga Banten bisa merasakan kesejahteraan yang merupakan bagian dari kemerdekaan. “Semoga rakyat bisa sejahtera dan masyarakat Banten bisa merasakan arti kemerdekaan,” tuturnya. Melalui cita-cita kemerdekaan Indonesia, ia bersama Wakil Gubernur Andika dan jajarannya akan terus melakukan pembangunan di Banten.

Sehingga Pemprov Banten ke depan akan lebih baik dan dampak pembangunan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. “Melalui kemerdekaan ini, masyarakat Banten harus menjadi berkualitas, berkompetensi, beradab dan berakhlaqul karimah,” ujarnya. Dalam mengembangkan pembangunan, kata dia, harus mampu memberikan dampak kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa merasakan arti kemerdekaan bangsa. “Kembangkan arti kemerdekaan ini dalam proses pembangunan, agar rakyat mendapatkan hak kebebasan, hak jaminan sosial dan kesejahteraan,” kata Wahidin Halim.

Sementara Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, kemerdekaan saat ini harus diisi dengan melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan bangsa ini dan memiliki tujuan ingin melihat bangsa Indonesia aman, tentram, dan sentosa. “Sebagai pelayan masyarakat, tentu saja saya memaknai kemerdekaan dengan bagaimana saya bisa melayani masyarakat sebaik-baiknya, dengan kewenangan dan perangkat yang saya dan Pak Gubernur miliki saat ini,” ujarnya. “Saya dan Pak Gubernur akan berusaha sekuat tenaga mensejahterakan rakyat banten. Untuk itu, kami memohon dukungan dan doa, agar kami diberikan kekuatan dalam menjalankan amanah sebagai kepala daerah yang bertugas melayani masyarakat,” katanya.

Semarak

Sementara itu, warga di Kota Serang antuias dalam menyemarakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di lingkungannya masing-masing dengan berbagai perlombaan. Pantauan di sejumlah lokasi di Kota Serang, Kamis, sejak pagi ratusan warga di Perumahan Bumi Agung Permai I, Perumahan Griya Lopang dan Mandala Citra memulai kegiatannya dengan berjalan santai serta sepeda hias dengan nuansa warna merah putih. Jalan santai dilakukan warga di kompleks tersebut dengan berkeliling bersama ratusan anak-anak menyusuri jalanan di perumahan tersebut.

Seusai menggelar jalan santai dengan penilaian lomba sepeda hias, warga kemudian melaksanakan berbagai kegiatan lomba-lomba permainan di lingkungannya masing-masing. Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga mengadakan kegiatan perlombaan balap karung, panjat pinang, egrang, futsal serta sejumlah permainan tradisional lainnya. “Meskipun sederhana, setiap tahun pasti kami menyelenggarakan kegiatan ini untuk menghibur anak-anak. Bahkan saya lihat tahun ini lebih semarak,” kata Caram salah seorang ketua RT di lingkungan Bumi Agung Permai I.

Kesemarakan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Kota Seran/, tidak hanya dirasakan oleh masyarakat biasa di lingkungannya masing-masing. Bahkan, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy ikut merayakan HUT RI ala warga, Andika ikut perlombaan khas 17 Agustus bersama warga di sekitar kediamannya di Cipocok Jaya, Kota Serang. Keputusan untuk ikut permainan bersama warga itu, kata Andika, mendadak saat dirinya dalam perjalanan pulang seusai mengikuti upacara bendera dalam rangka HUT RI ke 72 tingkat Provinsi Banten yang digelar di lapangan Mesjid Albantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang.

“Tadi kebetulan saya satu mobil sama ibu (Istri), kita ngobrol-ngobrol cerita-cerita waktu kecil, kalau 17 agustus kita sering ikut lomba-lomba bareng-bareng warga di dekat rumah. Ya sudah, akhirnya kita ke sini,” kata Andika usai mengikuti lomba makan kerupuk bersama istri dan sejumlah warga lainnya.
Andika mengaku menyukai permainan balap karung saat kecil, pada momentum perayaan HUT kemerdekaan di lingkungannya. “Sayang kalah tadi. Saya waktu kecil memang track record-nya juara di balap karung , ha, ha,” kata Andika sambil tertawa. (H-42/H-51/Ant)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here