Perawat Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan

Perawat memiliki peran penting, karena bisa berdampak terhadap peningkatan kualitas kesehatan dasar bagi masyarakat. Keberadaan perawat juga sangat dibutuhkan disetiap layanan kesehatan desa. Sehingga, Pemkab Lebak melalui Dinas kesehatan (Dinkes) berencana menempatkan satu perawat di satu desa.

“Rencana penempatan satu perawat di satu desa sangat penting. Karena, keberadaannya sangat berdampak besar terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, HM. Sukirman, Senin (28/1/2019).

Menurut dia, perawat kesehatan merupakan ujung tombak terdepan dalam peningkatan kesehatan masyarakat. Sehingga, keberadaannya perlu dikenal dan dekat dengan masyarakat. Melalui satu perawat satu desa ini diharapkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih meningkat.

“Keberadaan perawat telah menunjukkan dampak cukup besar terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Perawatan kesehatan juga yang terus semakin baik,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Sukirman, status Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) juga terus ditingkatkan sebagai sarana pelayanan dasar kesehatan masyarakat. Hal itu merupakan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Ini sejalan dengan program yang selama ini dijalankan, yakni program Lebak Sehat, Lebak Cerdas dan Lebak Sejahtera,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Sarana Kesehatan, Agus Darsono menambahkan, Puskesmas merupakan ujung tombak dalam layanan kesehatan. Karena, prasarana kesehatan dasar masyarakat adalah Puskesmas. “Maka sarana kesehatan dasar yakni Puskesmas akan terus ditingkatkan,” tuturnya.

Tahun 2018 ada dua Puskesmas di Kabupaten Lebak yang direlokasi, di antaranya Puskesmas Muncang, Kecamatan Muncang, dan Puskesmas Mekarsari, Kecamatan Rangkasbitung. Pembangunan prasarana dasar pelayanan kesehatan merupakan salah satu bentuk perhatian dari pemerintah daerah terhadap peningkatan pelayanan kesehatan di tingkat dasar.

“Keberadaan Puskesmas yang dekat dengan lingkungan sangat penting bagi masyarakat, sehingga warga tidak perlu jauh-jauh berobat,” tuturnya. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here