Perangi Narkoba, BNN Provinsi Banten Ajak Masyarakat Terapkan Desa Bersinar

TANGERANG, (KB).- Maraknya peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Tangerang, menjadi perhatian Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten. Masyarakat pun diajak untuk bersama-sama mencegah peredaran narkoba melalui program Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di wilayahnya.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Banten Brigjen Pol Tantan Sulistiana mengatakan, masyarakat juga berperan penting untuk mencegah per-edaran narkoba. “Masyarakat harus menjadi satgas pelapor dan kerja sama dengan BNNP Banten yang berkomitmen memberantas peredaran narkoba,” katanya, Kamis (22/8/2019).

Menurut dia, peredaran narkotika sudah menjadi global dan masuk ke dalam suatu kejahatan yang terorganisir. “Jadi, perlu penyebaran informasi yang dilakukan dengan turun langsung ke lapangan, seperti ke sekolah dengan ikut serta dalam kegiatan LPSN dan itu bisa sangat dirasakan dalam menekan peredaran narkoba,” ujarnya.

Ia menjelaskan, penyalahgunaan narkotika mayoritas dilakukan oleh anak berusia 18-25 tahun dan 26,5 persen pengguna narkoba didominasi oleh pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Oleh karena itu, dia mengingatkan masyarakat terutama pelajar, agar ketika bergaul untuk lebih bisa melihat perilakunya.

“Agar tidak terjerat narkoba, jangan coba-coba menggunakan. Pilih teman atau sahabat yang baik dan terapkan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan yang baik serta olah raga,” ucapnya.

Melalui program Desa Bersinar (Bersih Narkoba), lanjut dia, penyuluhan, pencegahan, dan pengawasan dilakukan kepala desa sebagai satgas dan masyarakat sebagai relawan.

“Melakukan langkah-langkah sebagai regulasi pemerintah terhadap masyarakat, mengadakan sosialisasi P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba) terhadap masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi mengungkapkan, Tangerang terus berusaha menangkal peredaran narkoba dengan membentuk program pencegahan. “Pemerintah daerah juga sangat mengapresisi dengan program Desa Bersinar ini dan nanti akan ditindaklanjuti,” katanya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here