Peralihan ke Kertas HVS, Disdukcapil Mulai Hentikan Pencetakan KK

ilustrasi. net

SERANG, (KB).- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang mulai menghentikan pencetakan Kartu Keluarga (KK) menggunakan blangko lama diakhir bulan ini. Hal tersebut sebagai persiapan peralihan pencetakan KK menggunakan kertas HVS.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Serang Abdullah mengatakan, akhir bulan ini Disdukcapil Kabupaten Serang mulai menghentikan pencetakan KK menggunakan blangko lama. Sebab di awal Juli 2020 blangko KK akan diganti menggunakan kertas HVS. Sehingga semua pelayanan KK dapat dilakukan secara mandiri.

“Akhir bulan ini kami sudah menghentikan pencetakan KK menggunakan blangko. Jadi nanti akan memakai kertas HVS,” ujarnya, Selasa (30/6/2020).

Selain KK, lanjutnya mulai 1 Juli 2020, seluruh dokumen kependudukan seperti akta kelahiran dan lainnya akan dicetak menggunakan kertas HVS. Terkecuali KTP el dan Kartu Identitas Anak (KIA) tetap menggunakan blangko. Pencetakan dapat dilakukan secara mandiri menggunakan kertaa HVS ukuran 80 gram.

“Nanti dari petugas kami khususnya di UPT akan memberikan tata cara pencetakan KK menggunakan HVS ini,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, pelayanan untuk jenis dokumen kependudukan ini dapat dilakuakan secara online maupun langsung melalui beberapa UPT Disdukcapil. Sehingga masyarakat yang belum memahami cara pencetakannya dapat diarahkan oleh petugas.

“Untuk tata caranya nanti akan disosialisasikan, sekarang kami fokus menghabiskan blangko yang ada dulu. Mulai Juli secara resmi semua diganti dengam HVS,” katanya.

Diketahui sebelumnya bahwa penggunaan kertas HVS untuk KK serta akta catatan sipil tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Tahapannya yakni masyarakat melakukan pengajuan permohonan secara online, kemudian upload berkas persyaratan secara online dan setelah persyaratan lengkap serta mendapat notifikasi ke e-mail yang bersangkutan, dokumen dapat dicetak dari rumah juga selama perangkat peralatan dimiliki. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here