Perajin Makanan Dari Singkong Butuh Wadah Pemasaran

LEBAK, (KB).- Produk unggulan dari bahan dasar olahan Singkong khas Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak saat ini mulai menjamur di sejumlah penyelenggaraan event. Namun, cemilan tersebut hanya bisa dijual disaat moment tertentu.

“Kami sangat menyayangkan, makanan yang bahan dasarnya sebanyak 80% terbuat dari singkong hanya terjual pada saat event-event tertentu saja,” kata Evi, salah satu wisatawan pemburu cemilan khas lokal, Ahad (9/2/2020).

Evi mengatakan, penampilan dan rasa penganan lokal tersebut sudah tidak dapat diragukan lagi. Minat untuk mencicipi sekaligus membeli makananan tersebut menjadi daya tarik yang diciptakan oleh penjual.

“Saya mengapresiasi beberapa produk unggulan yang kebanyakan idenya didapat dari Ibu-ibu Kader PKK dengan memanfaatkan singkong menjadi bahan utama. Jika dibandingkan dengan produk cemilan lokal lainnya, Cemilan khas Cimarga, mulai dari rasa dan penampilan mampu bersaing di pasar lokal,” ungkapnya.

Sementara itu, Owner Cemilan Kasava Susi Tambak, Susi mengaku dirinya terinspirasi membuat jenis cemilan yang terbuat dari singkong atas dasar ide ibu-ibu PKK di Desa Tambak.

“Untuk sementara kami menjual di wilayah Desa Tambak. Terkecuali ada moment tertentu, seperti Bazar cemilan. Bahkan sebagian pengrajin makanan cemilan di 14 Desa saat ini hanya memanfaatkan event-event tertentu saja,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Irma, salah satu Kader PKK Desa Mekar Jaya. Irma mengaku bahwa produk cemilan khas masing-masing desa kebanyakan bahan dasarnya dari singkong.

“Karena kami yakin singkong bisa dinikmati oleh semua kalangan, produk dari Desa Mekar Jaya, namanya Comet (Oncom Saemet), jika istilah kedalam bahasa Indonesianya, Oncomnya sedikit Singkongnya yang banyak,” kata Irma.

Produk berbahan Singkong dari zaman dahulu hingga saat ini tidak mengalami perubahan, di antaranya Getuk, Combro, Katimus dan lainnya.

“Untuk itu, kami mengubahnya agar tampilannya disetiap desa memiliki khas tersendiri. Sehingga makanan cemilan khas Kecamatan Cimarga yang terbuat dari Singkong mampu bersaing dengan produk unggulan lokal lainnya,” pungkas Irma. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here