Peparpekot Serang 2017, Ajang Bukti Kualitas Atlet Disabilitas

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Serang menggelar ajang Pekan Paralimpik Pelajar Kota (Peparkot) Serang 2017, yang mulai digelar Senin (28/8/2017) di Gelanggang Remaja (GR) Maulana Yusuf Ciceri, Kota Serang. Event tersebut menjadi ajang untuk pembuktian kualitas atlet disabilitas pelajar di Kota Serang.

Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman mengatakan, diselenggarakannya event tersebut bertujuan untuk memberikan ruang kepada seluruh warga Kota Serang, khususnya bagi penyandang disabilitas untuk menunjukkan potensi olah raga mereka. “Kan kita kepada siapapun harus tetap memberi ruang, dan juga sebagai bentuk pembinaan olah raga kepada mereka. Itu juga sebagai bentuk perhatian kepada mereka juga. Mudah-mudahan dengan adanya Peparpekot ini menjadi motivasi bagi mereka,” ujarnya ditemui usai membuka Peparpekot Serang 2017.

Ia mengatakan, selama ini seluruh atlet pelajar disabilitas di Kota Serang, sudah mendapatkan pembinaan yang rutin di sekolah masing-masing. Oleh karena itu, ajang ini akan menjadi ajang untuk mengeksplor kualitas mereka pada bidang olah raga. “Selama ini mereka diarahkan dibimbing untuk meningkatkan kualitas olah raga mereka, maka saat ini waktunya mereka mengeksplor pada kegiatan ini. Mudah-mudahan mereka ketika mengikuti lomba ini, bisa dapat mempertunjukkan prestasi mereka,” katanya.

Selain itu, kata Jaman, diharapkan ajang tersebut menjadi seleksi untuk menjaring atlet terbaik dari Kota Serang, untuk diterjunkan pada ajang Peparpeprov Banten. Proses seleksi saat ini pun harus dilakukan dengan sebaik mungkin, agar Kota Serang dapat meraih prestasi terbaik pada ajang di tingkat Provinsi Banten. “Ini diharapkan menjadi seleksi untuk diikutsertakan pada tingkat provinsi, diharapkan melahirkan atlet yang berprestasi untuk perwakilan Kota Serang dan diharapakan di provinsi juga. Selain itu, tentunya dinas terkait juga untuk bisa memberikan perhatian, pembinaan atau hal lain kepada mereka. Agar mereka bisa mengasah kemampuan terbaiknya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disporapar Kota Serang Hafidzi mengatakan, ajang tersebut mempertandingkan enam cabang olah raga, yakni tenis meja, atletik, bulu tangkis, renang, catur, dan boccia. “Dari enam cabang olah raga ini, ada sekitar 96 atlet disabilitas yang ikut serta. Oleh karena itu, kami pastikan akan terjaring atlet terbaik dari ajang ini, yang nantinya akan bersaing dengan atlet disabilitas dari daerah lain di Banten,” tuturnya. (H-43)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here