Penyertaan Modal BPRS-CM Perlu Ditambah

CILEGON, (KB).- Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon menilai, penyertaan modal untuk Bank Perkreditan Rakyat Syariah Cilegon Mandiri (BPRS-CM) perlu ditambah. Sebab, dibandingkan dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lain, jumlah penyertaan modal BPRS-CM terlalu minim.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon telah mengalokasikan anggaran penyertaan modal untuk empat BUMD, yakni PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) Rp 98 miliar, PT Perusahaan Daerah Air Minum Cilegon Mandiri (PDAM-CM) Rp 5 miliar, dan PT Bank Jabar Banten (BJB) Rp 5 miliar. Sementara, BPRS-CM hanya mendapat penyertaan modal Rp 1 miliar. BPRS-CM mendapatkan penyertaan modal melalui APBD 2018.

Anggota Komisi III DPRD Kota Cilegon, Rahmatullah menilai, alokasi anggaran untuk BPRS-CM terlalu kecil. “Dibandingkan dengan BUMD lain, bagian untuk BPRS-CM terlampau kecil. Saya kira itu tidak adil, terlalu jomplang jumlahnya,” katanya, Senin (18/9/2017).

Sekretaris Komisi III DPRD Kota Cilegon, Nurrotul Uyyun menilai, penambahan penyertaan modal untuk BPRS-CM masih bisa dilakukan melalui rapat pembahasan APBD 2018. “Kami masih berharap, agar anggaran itu masih bisa ditambah. Barangkali ini akan kami upayakan melalui pembahasan APBD 2018 nanti,” ucapnya.

Menurut politikus Partai Demokrat tersebut, jumlah tersebut tidak cukup untuk mengembangkan segmen bisnis BPRS-CM. Terlebih BUMD tersebut memiliki andil penting dalam mengembangkan bisnis usaha kecil dan menengah (UKM). “Harusnya untuk mengembangkan usaha BUMD kami, bisa ditambah lagi penyertaan modal untuk BUMD kami atau disamakan dengan penyertaan ke BJB,” ujarnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menilai, penambahan jumlah penyertaan modal untuk BPRS-CM layak dilakukan. Sebab, BPRS-CM telah menunjukkan prestasi yang baik, yakni memenuhi target pendapatan asli daerah (PAD). “Kondisi BPRS-CM cukup baik, layak untuk dikembangkan. Oleh karena itu, selama neraca keuangan Cilegon terlihat dimungkinkan, nanti kami usulkan penambahannya,” tuturnya. (H-52)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here