Penyaluran Tahap I, Dana Kelurahan di Kota Serang Baru Terserap Rp 7,1 M

SERANG, (KB).- Realisasi dana kelurahan tahap pertama di Kota Serang hingga Senin (19/8/2019) baru mencapai Rp 7,1 miliar dari total Rp 12,2 miliar. Meski begitu, Pemkot Serang telah mengusulkan pencairan dana kelurahan tahap kedua ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang Wachyu B Kristiawan mengatakan, dana kelurahan yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 24,4 miliar tersebut, disalurkan dua tahap, yakni Rp 12,2 miliar per tahapnya.

“Jadi, sudah terserap sekitar 29 persen lebih (dari Rp 24,4 miliar). Per tanggal 19 kemarin itu realisasinya Rp 7,1 miliar. Masih ada sisa di kami sebesar Rp 5,1 miliar. Jadi, kami akan salurkan lagi, biar lengkap. Kami sudah melaporkannya ke Kementerian Keuangan,” katanya, Jumat (23/8/2019).

Ia menjelaskan, ada beberapa kelurahan yang belum melakukan kegiatan secara keseluruhan. “Misalnya, dari dua kegiatan itu ada pemberdayaan masyarakat dan infrastruktur. Akan tetapi, kelurahan tersebut, baru melakukan satu kegiatannya, seperti pemberdayaannya. Tapi, yang penting mereka sudah mulai mengerjakan itu. Jadi, nanti akan ada laporannya lagi,” ujarnya.

Pihaknya sudah mengusulkan dana kelurahan untuk tahap kedua. “Untuk tahap keduanya itu baru akan disalurkan setelah kami melaporkan penyelesaian di tahap pertama tadi. Tahap kedua ini juga kami sudah usulkan. Jadi, tinggal tunggu saldo dari kementeriannya saja nanti. Untuk bulannya saya belum tahu. Tapi, yang pasti kami sudah diusulkan ke sana. Meski laporannya agak terlambat, tapi Insya Allah bisa tersalurkan,” ucapnya. (Rizki Putri/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here