Penutupan Jalan Simpang Duren Ciputat Dikeluhkan Warga

TANGERANG, (KB).- Penutupan sementara Jalan Ki Hajar Dewantara, Simpang Duren, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menuai berbagai kritik dan keluhan oleh sejumlah warga dan pengguna jalan.

Menurut informasi, penutupan jalan sepanjang 150 meter tersebut, dilakukan karena terdapat proyek pelebaran jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel.

Alhasil tak sedikit pengendara yang terjebak dan harus memutar balik. Bahkan akibatnya, terkadang kemacetan juga tak dapat dihindari. Damai, seorang warga setempat mengeluhkan efek penutupan jalan tersebut, akibat pekerjaan.

“Tentu saja menjadi kesulitan, soalnya itu jalan utama,” katanya, Jumat (11/10/2019).

Pria yang sehari-hari berjualan bakso di Stasiun Jurangmangu tersebut menuturkan, penutupan jalan yang dilakukan sejak Rabu (9/10/2019) tersebut, terkesan mendadak. Ia menyebut tak ada sosialisasi terlebih dahulu.

“Tidak ada pemberitahuan sama sekali. Tiba-tiba waktu saya pulang berjualan, sudah ada truk tanah. Kemudian, jalan ditutup,” ujarnya.

Akibatnya, ucap dia, bukan hanya hanya dia yang kesulitan, namun warga lainnya juga merasakan hal yang sama. “Ya karena enggak ada akses jalan lagi,” tuturnya.

Tak hanya itu, komentar datang dari seorang pengguna jalan, Rusdi (44). Serupa dengan Damai, dia tak mengetahui adanya penutupan jalan sebelumnya. Ia menilai, penutupan jalan secara mendadak tersebut sangat menyulitkan. Terutama bagi pengendara mobil seperti dia.

“Saya kan mau ke arah Bintaro, sangat mengganggu jadi muter-muter, kalau motor masih bisa lewat kampung, lah kalau mobil kan harus balik lagi,” katanya di lokasi.

Ia menuturkan, akibat penutupan tersebut, hanya dapat mengandalkan aplikasi penunjuk jalan dan pelang yang dibuat oleh warga sekitar.

“Lewat kampung, lewat belakang, saya mengandalkan map saja. Itu pelang juga saya lihat dipasang sama warga, dari proyek sendiri tidak ada,” ujarnya.

Sementara, dampak penutupan sementara Simpang Duren, Jalan Ki Hajar Dewantara, Sawah Lama, Ciputat, berimbas pada kemacetan kendaraan. Akibatnya, sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap arus lalu lintas, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Tangsel mendapatkan banyak keluhan.

Namun sayangnya, penutupan jalan karena adanya proyek perbaikan jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel tersebut minim koordinasi.

“Kami sudah mengetahui perihal pekerjaan di Simpang Duren. Akan tetapi, kami tidak mengetahui bagaimana teknis pekerjaan di lapangan,” ucap Kasat Lantas Polres Tangsel AKP Lalu Hedwin Hanggara saat dikonfirmasi.

Ia menyebutkan, sejak ditutupnya jalan tersebut pada Rabu (9/10/2019), pihaknya telah berinisiatif melakukan upaya koordinasi dengan pihak DPU Kota Tangsel.

“Dan hasilnya setelah berhari-hari kami tidak mendapatkan respons dari pihak dinas PU sampai dengan pekerjaan tersebut dimulai,” tuturnya.

Sampai akhirnya, lanjut dia, pihaknya bingung, karena banyak aduan dan keluhan dari masyarakat. “Atas terjadinya kemacetan arus lalu lintas tersebut,” katanya.

Terkait permasalahan tersebut, dia menyebutkan, akan melakukan pertemuan dalam waktu dekat ini. “Langkah selanjutnya, kami akan memanggil pihak-pihak terkait ke Polres Tangerang Selatan,” ujarnya.

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Tangsel mengklaim, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan warga, polisi, dan Dinas Perhubungan setempat terkait penutupan Simpang Duren Ciputat.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan masyarakat setempat Simpang Duren baik dengan RT dan RW serta Polsek Ciputat dan juga pihak Polres Kota Tangsel,” ucap Kepala Bidang Bina Marga pada DPU Tangsel Budi Rahmat, kepada wartawan, Jumat (11/10/2019).

Ia menjelaskan, jalur Simpang Duren, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai dilakukan penataan simpang jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat.

Akibat dari pekerjaan tersebut, jalan yang banyak dilalui kendaraan harus ditutup untuk sementara waktu. Warga diminta, agar menghindari jalur Simpang Duren dari arah pintu keluar Tol Pondok Aren menuju Ciputat. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here