Penumpang Umum Wajib Pakai Masker

PANDEGLANG, (KB).- Dengan adanya surat edaran bupati nomor 100/853/UM/2020 tentang upaya pencegahan virus corona atau covid 19 di wilayah Kabupaten Pandeglang, tentang penumpang kendaraan umum diwajibkan untuk menggunakan masker. Surat edaran tersebut, akan diberlakukan Ahad 12 April 2020.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang, Luky Hardian mengatakan, dengan adanya surat edaran bupati tersebut harus di dukung semua pihak. Soalnya, kata dia, dengan adanya peningkatan ODP yang semakin meluas sehingga harus dilakukan langkah cepat dalam antisipasi secara masif.

“Ini sebagai upaya pencegahan secara cepat, karena kita ketahui penyebarannya sangat cepat. Sehingga potensi terjangkit atau terpapar sangat besar, terutama pada pasilitas umum seperti pada penumpang kendaraan umum. Sehingga diwajibkan penumpang menggunakan masker,” kata Luky kepada Kabar Banten, Selasa (7/4/2020).

Apabila ada penumpang yang tidak menggunakan masker, agar supir tidak menaikan penumpang tersebut. Untuk itu, kata dia, agar pengusaha angkutan dan para sopir juga ikut melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama para penumpang.

“Kita juga mendesak agar Dishub, untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, para penumpang terutama pada pengusaha atau PO. Agar, himbauan tersebut dapat dipatuhi, karena pencegahan wabah corona ini harus di antisipasi oleh semua pihak,” tuturnya.

Untuk itu, kata dia, apabila sudah diberlakukan pada 12 April mendatang tidak dipatuhi, pihaknya mendesak agar Instansi terkait seperti Dishub memberikan teguran kepada sopir maupun pengusaha angkutannya bahkan sanksi.

“Kalau tidak dipatuhi harus disanksi pengusahanya,” ucapnya.

Menurut Luky, yang juga sebagai Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional dan Partai Bulan Bintang DPRD Pandeglang, Selain menggunakan masker, semua kendaraan umum juga menyediakan hand sanitizer.

“Sehingga, penumpang yang mau naik dan turun, agar disemprotkan dulu pada tangannya,” ujarnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here