Jumat, 20 Juli 2018

Peningkatan Status Jalan Kabupaten, Pemprov Banten Belum Kabulkan Usulan

SERANG, (KB).- Pengajuan peningkatan status 11 Jalan Kabupaten Serang menjadi jalan Provinsi Banten yang diajukan sejak 2010 hingga saat ini belum dikabulkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang saat ini terus berkoordinasi untuk merealisasikan usulan tersebut.

Kepala DPUPR Kabupaten Serang, Hatib Nawawi mengatakan, pada 2010 pihaknya mengajukan peningkatan status 11 ruas jalan Kabupaten Serang menjadi jalan provinsi dan baru satu jalan yang diterima, yaitu Ciomas-Ciganongnang, sementara 10 ruas jalan lagi belum diterima. Jalan tersebut kemudian diajukan kembali tahun berikutnya dan ditambah satu ruas jalan lagi.

“Jadi, ada 11 ruas jalan lagi yang diajukan dan itu jalan yang sudah bagus,” katanya ketika ditemui Kabar Banten di kantor, Kamis (17/5/2018).

Ia mengungkapkan, 11 ruas jalan yang diajukan tersebut, di antaranya ruas Jalan Baros-Petir, Jalan Cikande- Garut-Kopo, Jalan Warung Selikur-Pamanuk, Cibokor-Nangor. “Kami sudah usulkan dan jalan itu sudah bagus. Untuk Jalan Baros-Petir, yang menjadi kewenangan Kabupaten Serang sudah dibangun semua, sementara tinggal Kota Serang yang membangun,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya juga aktif berkoordinasi dengan pihak provinsi terkait hal tersebut. Selain itu, DPU Kabupaten Serang juga berkoordinasi terkait usulan perbaikan jalan dan jembatan. “Kebetulan kan kepala DPU Provinsi mantan Kepala DPU Kabupaten Serang dan sahabat kami, kami koordinasi terus dengan mereka,” ucapnya.

Namun, tutur dia, menurut informasi yang diterima dari pihak DPU Provinsi, bahwa pemindahan status jalan dari kabupaten/kota tersebut dilakukan secara periodik per lima tahun.

“Jadi, jalan yang diterima (untuk dinaikan statusnya dari jalan kabupaten/kota menjadi jalan provinsi) itu lima tahun sekali dan ini berlaku untuk semua kabupaten.kota. Di sana (provinsi) setiap tahun ada evaluasi untuk hal tersebut,” tuturnya.

Ia mengatakan, untuk Kabupaten Serang, pengajuan jalan yang diterima untuk ditingkatkan statusnya terakhir sudah lebih dari lima tahun dan pengajuan kembali juga sudah lebih dari lima tahun. Namun, karena pemprov menerimanya periodik per lima tahun, maka sekarang belum diterima.

“Tapi, Insya Allah usulan kami diakomodir. Diupayakan tahun ini bisa, karena kami juga akan meningkatkan status jalan desa menjadi jalan Kabupaten Serang yang panjangnya sekitar 400 kilometer,” katanya. (YY)*


Sekilas Info

4 Tahun Lumpuh, Lansia di Cikande Tak Mampu Berobat

SERANG, (KB).- Pasangan Suami Istri Memed (73) dan Kasimah (60) warga Kampung Pandan, RT 007/RW 002, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *