Penilaian & Pembinaan Kabupaten Sehat, Tim Penilai Nasional Tinjau Kab.Serang

SERANG, (KB).- Tim penilai dan pembina kabupaten/kota sehat tingkat nasional melakukan tinjauan lapangan ke wilayah Kabupaten Serang, Jumat (27/10/2017). Kegiatan tersebut dalam rangka penilaian dan pembinaan di Kabupaten Serang untuk menjadi Kabupaten Serang sehat.

Sebelum melakukan kunjungan lapangan, tim penilai dan pembina kabupaten/kota sehat tingkat nasional diterima Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang, serta unsurnya dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Pendopo Kabupaten Serang. Dalam pertemuan tersebut, pihak Badan Perenanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang memaparkan apa saja kegitan dan tatanan yang sudah dilakukan Pemkab Serang dalam mewujudkan Kabupaten Serang Sehat.

Perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Tri Saptaningsih dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, penilaian dan pembinaan kabupaten/kota sehat betujuan untuk mewujudkan kondisi kabupaten kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat yang dilakukan dengan berbagai kegiatan yang berkesinambungan difasilitasi pemda. “Dalam hal ini juga bukan hanya tanggung jawab bidang kesehatan, tapi lintas sektor di pemda,” katanya.

Proses pemberian penghargaan kabupaten/kota sehat, dia melanjutkan, ada 173 kabupaten kota dari 26 provinsi. Jumlah tersebut, dalam prosesnya sudah mengalami peningkatan signifikan, karena sebelumnya hanya 147 dari 23 provinsi. “Kemudian, verifikasi dilaksanakan dua tahun sekali. Dalam hal ini bukan untuk memilih juara atau pemenang, namun verifikasi atas kerja sama pemkab dan masyarakat, penghargaan bukan tujuan akhir mendapatkan predikat kabupaten/kota sehat, namun adanya hubungan kemitraan antara pemerintah dan masyarakat dalam pembinaan di daerah,” ujarnya.

Ia menuturkan, kedatangan tim ke kabupaten/kota dalam rangka kunjungan pembinaan kabupaten/kota sehat. “Tim memohon izin untuk dapat melakukan kunjungan lapangan dan sekaligus pembinaan kabupaten/kota yang belum lolos verifikasi bedah dokumen,” ucapnya. Sejuah ini, tutur dia, ada 78 kabupaten/kota yang lolos verifikasi bedah dokumen dan verifikasi kunjungan lapangan. Berdasarkan analisis dan maping di lapangan, dari hasil evaluasi diperoleh 70 kabupaten/kota, akan dilakukan kunjungan lapangan dan pembinaan 25 kabupaten/kota.

“Pembinaannya diserahkan ke provinsi, sebagai feadback dokumen 25 kabupaten/kota itu diserahkan ke provinsi untuk dilakukan pembinaan. Kabupaten Serang masuk ke yang 70 kabupaten/kota yang dilakukan kujungan lapangan dan dilakukan pihak Kementerian Kesehatan. Apabila memenuhi dokumennya direkomendasikan untuk dapat dilajukan ke Suasti Saba,” katanya. (YY)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here