Penikmat Bakso Ikan Malingping Hingga Luar Banten

Bakso sudah menjadi kuliner khas yang paling banyak diburu. Olahan ini bisa berbahan dasar gilingan daging sapi maupun ikan, sehingga banyak beragam bakso yang dijual di setiap daerah dengan ciri khas masing-masing. Salah satunya bakso ikan khas Malingping, Kabupaten Lebak.

Bakso ini berbahan dasar ikan tenggiri yang dicampur dengan adonan serta bumbu penyedap lain. Saat ini keberadaan kuliner khas ini sudah menginjak hingga luar Banten, seperti Jakarta, Bekasi dan daerah lain. “Saya sebagai reseller bakso ikan Malingping sering kebanjiran order dari luar Banten. Penjualannya dari mulut ke mulut,” ujar penjual bakso ikan Malingping, Ruri Anggraeni kepada Kabar Banten, Jumat (28/7/2017).

Dia mengatakan, bakso ikan didapat dari produsen yang memproduksi langsung di daerah Malingping. Malingping memiliki perairan luas, sehingga sebagian masyarakatnya bermata pencarian nelayan. “Di sana lautnya luas, jadi banyak yang menjadi nelayan dan hasil lautnya melimpah,” ucapnya.

Menurutnya, bakso ikan Malingping menjadi produk lokal yang telah diakui keberadaannya oleh Bupati Lebak. Hingga kini, penikmatnya semakin banyak, karena rasanya yang sedap dan gurih membuat mereka ketagihan. “Biasanya kalau untuk dikirim untuk 1 bungkusnya seharga Rp 30.000/bungkus. Didalamnya sudah lengkap ada bumbu dan sayuran, jadi tinggal rebus dan campur bumbu,” tuturnya.

Resep Bakso Malingping

Selain itu, dia menjelaskan, walaupun bakso ikan Malingping adalah produk rumahan, namun tidak menimbulkan amis dari ikannya. Rasa yang dihasilkan sangat pas di lidah dan tanpa bahan pengawet. “Jadi ga bisa bertahan lama,” ucapnya.

Dia menuturkan, masyarakat Malingping tidak hanya mengolah bakso tersebut dengan ikan tenggiri, namun bisa juga menggunakan ikan segar lainnya. “Di sana kadang nelayannya mendapat berbagai jenis ikan, jadi kadang dibuat inovasi baru,” tuturnya.(Tresna Mulyana Wati)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here