Selasa, 25 September 2018

Pengusaha Keluhkan Pelayanan Pajak

PANDEGLANG, (KB).- Pengusaha jasa konstruksi asal Pandeglang mengeluhkan pelayanan Kantor Pajak Pratama, karena untuk membuat kartu wajib pajak dan Id Billing harus lebih dulu memperlihatkan bukti pembayaran pajak.

Pemilik PT Ruyung Karya Mandiri Helman Filansyah SH mengatakan, saat dirinya hendak membuat kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) terkesan dipersulit.

”Seharusnya jika ada yang hendak membayar pajak, petugas harus merasa senang karena ada yang ingin taat pajak. Tetapi sebaliknya, petugas Pajak Pratama malah mempersulit kami. Saya rasa ini terlalu berlebihan dan membuat saya ragu, apakah pelayanan pajak ini sesuai dengan SOP atau tidak,” kata pengusaha dari PT Ruyung Karya Mandiri kepada Kabar Banten saat ditemui di Halaman Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pandeglang, Rabu (12/9/2018).

Ia mengatakan, seharusnya pelayanan pajak Pratama memperhatikan antusiasme masyarakat yang ingin tertib pajak, sebaliknya bukan mempersulit dan menakut-nakuti saat hendak membuat kartu NPWP. Sebab, para pelayan pajak meminta untuk membayar terlebih dahulu agar bisa mendapatkan Id Billing.

”Ya, saya harap sih namanya pegawai pajak harus mengutamakan senyum, sapa, salam terlebih dahulu, kemudian baru menjelaskan proses pembuatan kartu wajib pajak dengan semudah-mudahnya, tidak berbelit-belit. Pastinya masyarakat tidak ingin cemas karena harus melakukan pembayaran pajak. Saya belum paham kenapa membuat Id Billing harus membayar pajak dulu,” ucapnya.

Sementara itu, Kasi Pelayanan dan Konsultasi I Pajak Pratama Pandeglang, Eko Siswanto mengatakan, dirinya tidak pernah mempersulit proses pelayanan pajak. Sebaliknya, lanjut Eko, sekarang proses pembuatan Id Bilink lebih mudah.

”Pelayanan pajak di kantor ini tidak ada yang sulit, justru sekarang lebih mudah dan lebih cepat prosesnya. Baik itu berlaku untuk perorangan maupun perusahaan, semuanya justru dipermudah. Soal Id Billing, itu sebetulnya untuk mempermudah pembayaran pajak menggunakan akun wajib pajaknya menggunakan Id Billing,” ucapnya. (Ade Taufik)*


Sekilas Info

Bidan Garda Terdepan ‎Kesehatan Bangsa

PANDEGLANG, (KB).- Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengatakan, profesi bidan menjadi ujung tombak pembangunan manusia Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *