Jumat, 22 Juni 2018
Pengurus koperasi saat mendengarkan pemaparan dari narasumber pada pelatihan "Working Assesment Pembiayaan Koperasi kepada LPDB" di Umah Kaujon Function House, Kamis (1/3/2018).*

Pengurus Koperasi Dilatih Akses Pembiayaan LPDB

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Banten menggelar pelatihan “Penyusunan Proposal dan Working Assesment Pembiayaan Koperasi” kepada Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) di Umah Kaujon Function House, Kota Serang, Kamis (1/3/2018).

Pelatihan menghadirkan narasumber dari LPDB Kementerian Koperasi dan UKM dan Dinas Koperasi UKM Banten. Dalam pelatihan tersebut peserta diberi penjelasan seputar LPDB, syarat-syarat yang harus dipenuhi dan berbagai persoalan yang dihadapi koperasi yang kesulitan mengakses pembiayaan LPDB.

”Kegiatan ini digelar dalam rangka peningkatan akses pembiayaan dan penjaminan kredit bagi koperasi dan UKM. Diharapkan pengurus koperasi tidak akan kesulitan lagi dalam mengakses pembiayaan. Ini peluang bagi koperasi dan UKM untuk mengembangkan usahanya lebih maju lagi,” kata Kepala Seksi Permodalan dan Jasa Keuangan pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten, Arief Rachman.

Ia mengatakan, salah satu banyak yang menjadi kendala koperasi sulit mengakses permodalan LPDB yakni akibat tidak mampu dalam menyusun proposal ke LPDB dan sejumlah persyaratan yang tidak bisa dipenuhi. Salah satu yang banyak jadi kendala yakni keharusan manajer usaha harus sudah bersertifikat.

”Banyak koperasi yang belum memenuhi itu. Kami dari Dinas Koperasi dan UKM Banten telah membantu memfasilitasi sertifikasi. Namun hanya 30 persen dari jumlah peserta yang lulus. Jadi memang harus terus dilakukan pendampingan,” katanya.

Arief mengatakan, pihaknya terbuka terhadap pengurus koperasi untuk berkonsultasi dalam rangka bisa mengakses pembiayaan LPDB. ”Silakan kami terbuka,” katanya. Dalam kegiatan tersebut, peserta mendapat penjelasan umum tata cara menyusun ke LPDB dan persyaratannya, cara akses kepada LPDB unit syariah dan working assesment proposal koperasi ke LPDB.(Masykur/Job)***


Sekilas Info

Pemudik Asal Banten Kecelakaan di Tol Fungsional Batang-Pemalang, Wakil Kepsek MAN Cikeusal

SERANG, (KB).- Pemudik asal Provinsi Banten yang mengalami kecelakaan di tol fungsional Batang-Pemalang, Jawa Tengah, Jumat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *