Minggu, 23 September 2018

Pengolahan Emas Non Mercuri, Lebak Jadi Proyek Percontohan

LEBAK, (KB).- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menunjuk Kabupaten Lebak menjadi pilot project (proyek percontohan) pengolahan emas non mercuri. Pembangunan fasilitas tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 2.000 meter persegi, di Kampung Sampay, Desa Lebak Situ, Kecamatan Lebak Gedong.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Nana Sunjana mengatakan, fasilitas tersebut merupakan upaya pemerintah dalam mengajak masyarakat khususnya para penambang agar menghentikan penggunaan mercuri yang dinilai merugikan masyarakat. ”Penggunaan mercuri kalau dibiarkan bisa merusak lingkungan hidup dan berkelanjutan kepada gangguan kesehatan masyarakat,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Nana, Jumat (23/2/2018).

Menurutnya, meski sudah tersedia alat-alat penunjang namun pemerintah masih melakukan proses sinkronisasi masing-masing alat hingga menghasilkan olahan yang maksimal. Dijelaskan, Lebak yang memiliki potensi alam yang luar biasa perlu dijaga dari bahan-bahan berbahaya. Hasil riset penggunaan mercuri di Lebak telah melewati ambang batas dimana ambang batas mercuri berada di angka 0,02 PPm.

Sebelumnya Dirjen Pengelolaan Sampah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Tuti H Mintarsih melalui siaran resmi mengatakan, pembangunan fasilitas tersebut selain menjalankan instruksi presiden tapi juga dapat memberikan manfaat yang baik. Seperti diketahui, Maret lalu presiden telah menyampaikan instruksi penghentian penggunaan mercuri di tambang rakyat.

Pembangunan pertambangan tanpa mercuri ini merupakan bagian dari implementasi rencana aksi nasional penghapusan mercuri pada penambangan emas skala kecil (PESK). Pengelolaan fasilitas yang ditargetkan beroperasi pada November 2017 itu dilakukan penambang rakyat setempat dengan pendampingan penuh oleh KLHK. (ND)***


Sekilas Info

Ini Cara Bulog Lebak-Pandeglang Jaga Kekompakan Kerja

LEBAK, (KB).- Perum Badan urusan logistik Subdivisi Regional (Bulog Subdivre) Lebak-Pandeglang mengelar acara family gathering, berlokasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *