Pengguna Narkoba Didominasi Pelajar dan Mahasiswa

TANGERANG, (KB).- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tangerang menyebutkan, penyalahgunaan narkotika mayoritas dilakukan oleh remaja. “Lebih banyaknya usia muda berusia 18-25 tahun. Sekitar 50 persen pengguna narkoba didominasi oleh pelajar dan mahasiswa,” kata Kepala BNN Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi.

Wakapolresta Tangerang AKBP Komarudin menambahkan, dari data yang tercatat pihaknya, sampai Agustus 2019 ada sebanyak 222 kasus narkotika di 19 kecamatan Kabupaten Tangerang.

“Ini menjadi atensi kami terkait dengan fenomena yang terus menjadi permasalahan. Makanya, kami perlu mengantisipasi dan menyebarluaskan informasi untuk memangkas roda ataupun alur peredaran narkoba yang sudah sangat meresahkan masyarakat Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Menurut dia, peredaran narkoba akan merusak generasi muda, karena peningkatan penggunaan barang haram tersebut pada usia muda sudah semakin meningkat.

“Ini ancaman bagi keberlangsungan bangsa ke depan, karena yang disasar umumnya adalah generasi muda. Jadi, dibuat sedemikian rupa, agar Indonesia tidak lagi memiliki penerus-penerus yang hebat, dirusak otak dan konsenterasi mereka, agar tidak bisa belajar,” ucapnya.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk mendeteksi dini penggunaan narkoba melalui lingkungan sekitar. Karena, menurut dia, pengaruh narkoba bergantung dari lingkungan.

“Ketahui pengaruh ataupun dampak dari pengguna. Kami mengantisipasi, kami prioritas untuk menjaga diri kami sendiri, setelah itu pastikan keluarga kami. Setelah keluarga kami dipastikan aman, baru lingkungan, karena peredaran narkoba ini diawali dari lemahnya pengawasan terhadap lingkungan yang ada di sekitar,” tuturnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here