Minggu, 21 Januari 2018

Pengelola PTS di Banten Bentuk ABPPTSI

SERANG, (KB).- Pengelola perguruan tinggi swasta (PTS) di Provinsi Banten telah membentuk Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI). Kehadiran perguruan tinggi (PT) yang dikelola pihak yayasan tersebut sebagai bentuk nyata kontribusi masyarakat di bidang pendidikan.

Ketua Yayasan Pendidikian Informatika (YPI), Mulya R Rachmatoellah menjelaskan, kiprah yang dilakukan masyarakat di bidang pendidikan tinggi tersebut, bahkan telah dilakukan sebelum negeri ini lahir. Bahkan, dibanding perguruan tinggi negeri (PTN), jumlah PTS yang dikelola oleh masyarakat melalui berbagai yayasan lebih banyak dan mampu menampung lebih banyak mahasiswa.

“Dengan jumlah yang lebih banyak daripada PTN, ini membuktikan, bahwa pemerintah sangat dibantu dan secara tidak langsung mengakui, bahwa negara tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan tinggi,” katamya ketika ditemui Kabar Banten di sela kegiatan Silaturahmi Badan Penyelenggara dan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Provinsi Banten, Selasa (28/11/2017).

Namun, ujar dia, kondisi tersebut bukan berarti membuat PTS menjadi berbangga diri. Sebaliknya, kondisi tersebut menjadi tantangan bagi pihak yayasan atau badan pengelola PTS untuk senantiasa meningkatkan kualitas PTS yang dikelolanya, baik dari aspek manajerial maupun aspek sumber daya manusia khususnya tenaga dosen. Ia menilai, tantangan ke depan semakin berat.

“Maka, untuk bisa terus berkontribusi di bidang pendidikan tinggi, PTS harus terus berbenah dan meningkatkan kualitas,” tuturnya. Pihaknya sengaja menggelar kegiatan silaturahim antarsesama anggota Badan Pengelola dan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta se-Banten, sebagai amanat yang dimandatkan kepada dia oleh Ketua Umum ABPPTSI, Thomas Suyatno.

“Tujuannya, selain menjalin silaturahim juga untuk membahas rencana pembentukan kepengurusan ABPPTSI Wilayah Banten. Dengan dibentuknya ABPPTSI Wilayah Provinsi Banten diharapkan kontribusi PTS dalam pembangunan bidang pendidikan di Banten akan semakin optimal,” katanya. (TM)***


Sekilas Info

USBN, 3 Mata Pelajaran Siap Diterapkan

SERANG, (KB).- Pelaksanaan USBN pada tahun ini akan menerapkan soal ujian yang berbeda dari tahun sebelumnya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *