Pengelola Parkir Giant Belum Kantongi Izin, Dewan Desak Penghargaan Dicabut

SERANG, (KB).- Komisi III DPRD Kota Serang meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mencabut penghargaan tentang kepatuhan membayar pajak dari pihak ketiga pengelola parkir Giant Serang. Hal tersebut, karena pengelolaan parkir tersebut belum memiliki izin.

Ketua Komisi III DPRD Kota Serang Tubagus Ridwan Akhmad mengatakan, meskipun penghargaan tersebut, diberikan pada masa pemerintahan wali kota sebelumnya. Seharusnya, Pemkot Serang lebih teliti dalam memberikan penghargaan, terlebih penghargaan tersebut, diberikan kepada usaha yang tidak memiliki izin.

“Sebagai ketua Komisi III, kami minta wali kota mencabut kembali penghargaan tersebut, belum adanya izin usaha parkir, bukti mereka tidak taat aturan,” katanya, Kamis (26/12/2019).

Ia menuturkan, pemberian penghargaan tersebut, merupakan bentuk kelalaian BPKAD, yang seharusnya mengetahui mana pajak yang berizin dan mana yang tidak. BPKAD juga seharusnya memberikan pembinaan terhadap WP (wajib pajak).

“Kalau ini dilakukan seharusnya BPKAD tahu mana wajib pajak yang berizin mana yang tidak dan dilakukan pembinaan, agar mereka taat aturan,” ujarnya.

Baca Juga : Pengelolaan Parkir Disebut tak Berizin, Giant Klaim Raih Kepatuhan Pajak

Sementara itu, Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin menuturkan, belum mengetahui jika pengelolaan parkir di Supermarket Giant Sempu belum berizin dan sudah dipungut pajak oleh BPKAD.

“Saya baru tahu ini, tapi menurut saya, pajak parkir di luar tepi jalan itu bagus. Cuma mana yang belum ada SK, yang belum afdol itu saya belum rinci coba saya cek nanti,” ucapnya.

Selanjutnya, dia akan mencoba mengonfirmasi BPKAD terkait informasi tersebut. Tetapi, dia menilai, untuk pajak parkir sejauh ini masih patuh, untuk membayar pajak dan berkontribusi terhadap Pemkot Serang.

“Yang jelas pajak parkir alhamdulillah selama ini sudah komitmen,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur PT Hero Supermarket Tbk (Giant) Hadrianus Wahyu Trikusumo angkat bicara terkait izin operasional pengelolaan parkir Giant, yang dikelola oleh pihak ketiga. Ia mengklaim, pihaknya patuh membayar pajak parkir, bahkan mendapat penghargaan dari Wali Kota Serang sebelumnya Tubagus Haerul Jaman.

“Salah satu informasi, berkaitan dengan kepatuhan pembayaran pajak parkir secara rutin yang dilakukan Giant Serang melalui PT ISS. Wali Kota Serang memberikan penghargaan untuk peran sertanya dalam pembangunan Kota Serang melalui pembayaran pajak parkir,” katanya, Kamis (19/12/2019).

Piagam penghargaan dengan nomor 970/368-SETDA/2018 tentang kategori pembayaran nominal besar tersebut, ucap dia, membuktikan, bahwa Giant melalui pihak ketiga pengelola parkir sangat patuh membayar pajak parkir dan berkontribusi atas pembangunan Kota Serang.

“Nah ini menunjukkan kami selalu rutin membayarkan pajak parkir mas,” ucapnya. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here