Rabu, 22 Agustus 2018

Pengawasan Usaha Masih Lemah

SERANG, (KB).- Pengawasan tempat usaha di Kota Serang dinilai masih lemah, sehingga muncul usaha yang menyimpang atau tidak sesuai saat mengajukan izin usaha. Salah satu kelemahan yang terjadi setelah dikeluarkannya izin usaha, yaitu kurangnya pengawasan dari DPMPTSP Kota Serang kepada tempat-tempat usaha yang didirikan.

“Sebenarnya izin yang dikeluarkan adalah restoran, tetapi saat dilakukan sweping ternyata di dalamnya ada hiburan. Kalau tau di dalamnya seperti itu, tentunya kami tidak mau mengeluarkan izin,” kata Kabid data dan sistem informasi Dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) Kota Serang, Evan Rivana saat ditemui Kabar Banten, Jumat (10/11/2017).

Dia menuturkan, kelemahan yang terjadi setelah dikeluarkannya izin usaha yaitu kurangnya pengawasan dari DPMPTSP Kota Serang kepada tempat-tempat usaha yang didirikan. Untuk bidang pengawasan dan pengendalian tempat usaha di DPMPTSP Kota Serang baru ada di tahun ini dan belum sepenuhnya efektif. “Kami masih kekurangan personil atau SDM. Sementara tugas pengawasan dan pengendalian cukup berat dan bidang itu merupakan bidang baru setelah pindah ke kantor dewan lama dari kantor sebelumnya,” ujarnya.

Menurutnya, baru tahun ini pihaknya melakukan pengawasan dan sidak bersama Satpol PP dan kepolisian untuk menindak tempat usaha yang menyimpang. Hasil temuan dinyatakan ada beberapa resto yang didalamnya ada kegiatan hiburan dan saat sidak sudah ada yang ditutup langsung. “Namanya pengusaha datang untuk mengurus izin awalnya buat resto, ya harus kami layani dan memberikan izin. Tapi realisasinya ada beberapa di dalamnya untuk hiburan seperrti karoke dan mayoritas rumah makan,” tuturnya.

Jika telah diluar ketentuan perizinan, maka DPMPTSP Kota Serang segera melakukan penutupan. Sebelumnya, antara perizinan dan pemilik usaha berkomitmen apabila melanggar maka mereka sudah siap ditutup usahanya. “Diharapkan tahun ini pengawasan akan lebih intens dan SDM bertambah. Kami juga dituntut dalam hal melayani masyarakat tetapi di dalamnya pun harus ada pengawasan yang harus dilakukan. Fokus kami bukan hanya pengawasan tempat hiburan, tetapi juga pembangunan liar yang berada di daerah,” ucapnya. (TM)***


Sekilas Info

LAZ Harfa Banten Gelar Sholat Ghaib dan Doa Bersama Untuk Korban Gempa Lombok

SERANG, (KB).- Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) Banten menggelar sholat ghaib dan doa bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *