Pengawasan TKA di Kabupaten Serang Diperketat

SERANG, (KB).- Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kabupaten Serang memperketat pengawasan masuknya tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di wilayah Kabupaten Serang. Hal tersebut dilakukan, karena pada triwulan I TKA yang masuk wilayah Kabupaten Serang sudah mencapai 552 orang.

Kasubag Wawasan Kebangsaan pada Bagian Kesbangpol Pemkab Serang Tipah Setiawan mengatakan, tahun ini, pihaknya berupaya memperketat pengawasan TKA, hal tersebut dilakukan, karena dikhawatirkan ada TKA ilegal yang masuk ke Kabupaten Serang. Pengawasan tersebut bekerja sama dengan Polres, Migrasi, Disnakertrans Kabupaten Serang, dan lainnya.

“Kami juga ada data jumlah TKA yang sudah masuk. Tapi, untuk jumlahnya saya belum bisa memastikan, harus dilihat dulu. Tapi, yang pasti tahun ini, kami akan mengawasi keberadaan TKA jika data dari Disnakertrans sudah mencapai 552 orang di triwulan I,” katanya kepada Kabar Banten, Jumat (26/4/2019).

Ia menuturkan, biasanya Tim Pora bersama Imigrasi selalu melakukan rapat rutin terkait keberadaan TKA di Kabupaten Serang. Meskipun wewenang sepenuhnya berada di Kantor Imigrasi Serang, pemda melalui Tim Pora juga akan membantu, agar keberadaan TKA di Kabupaten Serang tidak menyalahi aturan. Apalagi jika mereka tidak memiliki izin.

“Biasanya kami bersama pihak Imigrasi melakukan rapat, kan mereka yang lebih banyak memiliki tanggung jawab. Tapi, di sini kami juga tetap membantu,” ujarnya.

Sementara, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Bambang P Sumo meminta, agar Tim Pora yang ada dapat bekerja dengan baik. Tidak hanya melakukan rapat saja, tetapi juga terjun ke lapangan untuk melihat kondisi yang ada. Sebab, jika tidak seperti itu, dikhawatirkan akan banyak TKA ilegal yang bekerja di Kabupaten Serang.

“Anggaran dan SDM jangan jadi alasan Tim Pora tidak terjun ke lapangan langsung. Mereka harus mengecek langsung, jangan banyak rapat, tapi terjun ke lapangan atau tidak,” ucapnya. (H-49)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here