Pengawasan Jalur Mudik Terus Diperketat

TIM gabungan penanganan Covid-19 terus memperketat pengawasan dan pemeriksaan daerah perbatasan Kabupaten Lebak. Pengawasan seperti di perbatasan Lebak-Sukabumi, Lebak-Kabupaten Bogor, Lebak-Serang, serta Lebak-Pandeglang.

Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi pengetatan arus mudik Lebaran Idulfitri ke wilayah Kabupaten Lebak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Kaprawi mengatakan, semua titik perbatasan yang menuju ke Lebak semakin diperketat. Hal itu dilakukan untuk mencegah kemungkinan adanya pemudik yang bisa saja menularkan Covid-19.

”Siapa pun yang akan masuk ke Lebak kita periksa ketat. Mereka akan diminta memperlihatkan identitas sekaligus ditanya kepentingannya datang ke Lebak,” ujar Kaprawi, Selasa (19/5/2020).

Menurut dia, jika saat pemeriksaan mereka terindikasi hendak mudik, maka petugas melarang mereka untuk masuk ke Lebak dan akan diperintahkan untuk kembali ke tempat asalnya atau putar balik.

”Pemerintah daerah maupun pusat tidak menginginkan kasus corona semakin meluas. Maka dari itu, untuk mencegahnya kami akan memperketat lalu lintas masyarakat yang akan masuk ke Lebak,” katanya.

Terpisah, Wakil Kepala Polres Lebak Kompol Wendy Andrianto mengatakan, Lebak harus tetap aman dari Covid-19 sehingga risiko yang mampu mengakibatkan penularan harus dicegah.

”Untuk saat ini kami harapkan bagi warga Lebak yang kini beraktivitas di luar Banten untuk tidak mudik. Meski memaksakan mudik, tentu akan dicegah di semua titik perbatasan masuk menuju Lebak,” tutur Kompol Wendy. (Nana Djumhana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here