Pengamanan Nataru, Waspadai Cuaca Buruk

CILEGON, (KB).- Pihak kepolisian telah mempersiapkan secara matang menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kewaspadaan tertinggi bagi pihak berwenang bukanlah lonjakan pengguna jalan, melainkan faktor cuaca.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Istiono saat memantau persiapan Nataru di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, mengapresiasi tingkat koordinasi lintas instansi yang telah terjalin.

Ia pun optimistis jika arus Nataru di Banten akan berjalan lancar. “Saya lihat tingkat koordinasi sudah bagus di sini. Itu saya apresiasi,” katanya.

Namun ia melihat faktor cuaca di wilayah Banten menjadi tantangan tersendiri. Terlebih jelang tahun baru 2019, Banten dilanda tsunami akibat longsornya Gunung Anak Krakatau (GAK).

“Tantangan utamanya memang cuaca, saya dapat informasi jika hujan angin di sini sangat kuat. Mudah-mudahan juga, tidak ada tsunami seperti tahun lalu,” ujarnya.

Direktur lalulintas (Dirlantas) kepolisian Daerah (Polda) Banten Kombes Pol Wibowo mengaku telah memaparkan kesiapan pihaknya dalam menghadapi Nataru. “Secara garis besar, polanya sama dengan operasi-operasi Nataru sebelumnya. Itu kan sukses, tinggal ditingkatkan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Satuan lalulintas (Kasatlantas) Kepolisian Resor (Polres) Cilegon Ali Rahman Cipta Perwira mengatakan, ada sejumlah pola yang akan dilakukan saat arus wisata berlangsung. Dimulai dengan jalur one way dari Jalan Aat Rusli (JAR) menuju Anyer pada 9.00 WIB hingga 12.00 WIB.

“Pada 31 Desember nanti, mulai pukul 9.00 WIB wisatawan kami prediksi mulai masuk. Nanti dari arah Anyer ke JAR kami tutup, lalu lintas kami berlakukan “one way” dari JAR ke Anyer, tepatnya hingga Hotel Mandalika,” ucapnya.

Kemudian tengah malam di hari yang sama, tutur Ali, pengamanan akan fokus di Hotel Patra Jasa dan Hotel Marbela. “Dua hotel ini selalu merayakan pesta kembang api. Makanya pengamanan akan fokus di dua hotel itu,” katanya.

Sementara pada 1 Januari 2020, arus balik wisata akan diarahkan dari Anyer ke Ciwandan. “Nantinya kami arahkan ke jalur industri KIEC, sehingga keluar di gerbang Tol Cilegon Barat,” ucap. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here