Pengadaan Lahan PDP Banten Dilanjut 2019

SERANG, (KB).- Pengadaan lahan untuk pembangunan pusat distribusi pangan (PDP) Provinsi Banten di Desa Mekarbaru, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang yang ditargetkan rampung pada 2018 belum bisa direalisasikan. Pengadaan lahan sekitar 10,33 hektare tersebut, akan dilanjutkan pada 2019.

“Sebenarnya tinggal proses tahapan akhir proses pembebasan lahan. Namun, karena waktunya terlalu mepet, jadi kemungkinan akan diluncurkan pada 2019 mendatang,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Pendagangan (Disperindag) Banten, Babar Suharso.

Anggaran yang sudah disiapkan untuk pembebasan lahan tersebut, mencapai Rp 68 miliar. Namun, anggaran tersebut, belum terserap, karena pengadaan lahannya belum terealisasi. “Memang agak terlambat untuk tahap tiga dan tahap empat ini, karena penetapan lokasinya sudah keluar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, keberadaan PDP memiliki beberapa fungsi bagi Provinsi Banten. Pertama, menjaga ketersediaan persediaan bahan pokok dan barang penting lain, termasuk komodi produk di Banten. “Jadi, stok segala stok,” ucapnya.

Kedua, PDP bisa berfungsi sebagai pengendali harga di pasar. Produk yang bisa disimpan di PDP diturunkan dengan harga berbeda ketika harga di pasar mahal. “Ketika harga fluktuatif, kami punya stok. Bisa berfungsi menjadi pengendali harga, stabilitas. Kenapa bisa stabilisasi harga? Ketika harga mahal kami gelontor harga kami dari PDP ini, bisa saja kami mengeluarkan kebijakan subsidi produk,” tuturnya.

Ia mencontohkan, PDP membeli harga beras ke petani dengan harga mahal, saat harga beras mahal, kemudian PDP menjualnya kepada masyarakat dengan harga murah.

“Dengan murah kami jual murah jadi double, ke petani subsidi harga gabah ke masyarakat kami subsidi harga bahan pokok. Itu fungsi stabilisasi harga. Kalau kami bisa menguasai stabilisasi stok bahan pokok, ka,mi bisa melakukan stabilisasi harga. Karena, stok sendiri mau dijual mahal, mau dijual murah (bisa),” katanya.

Ketiga, kehadiran PDP juga bisa mengendalikan inflasi daerah. Hal tersebut bisa dilakukan seperti halnya yang dilakukan DKI Jakarta. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here