Penetapan Sekretaris Daerah, Pemkab Serang Tunggu Rekomendasi Gubernur

SERANG, (KB).- Setelah menunggu rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk penentuan Sekretaris Daerah (Sekda) Definitif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang yang baru keluar Jumat (27/7/2018) sore. Kini, Pemkab Serang masih harus menunggu rekomendasi dari gubernur untuk melanjutkan proses penetapan dan pelantikan sekda baru tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Karier pada BKPSDM Kabupaten Serang, Surtaman mengungkapkan, rekomendasi gubernur diperlukan, karena sesuai rekomendasi KASN berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil disebutkan, bahwa khusus untuk pejabat pimpinan tinggi pratama yang memimpin sekretariat daerah kabupaten/kota, sebelum ditetapkan oleh bupati/wali kota dikoordinasikan dengan gubernur, untuk maksud tersebut, maka bupati selaku PPK sebelum melakukan penetapan dan pelantikan, agar dikoordinasikan ke gubernur.

“Rekomendasi KASN-nya sudah keluar Jumat (27/7/2018) sore menjelang Magrib pekan kemarin, Alhamdulillah Kabupaten Serang sudah lulus seleksi dan mendapat rekomendasi dari KASN, yang juga menyetujui atas seluruh proses yang telah dilakukan dalam seleksi calon sekda. Kemudian, merekomendasikan bupati segera menentukan sekda. Namun, di poin empat bunyi rekomendasi untuk melakukan koordinasi dengan Gubernur Banten,” katanya, saat dihubungi Kabar Banten, Senin (2/7/2018).

Ia menuturkan, surat koordinasi ke gubernur tersebut, sudah dikirim sejak sebelum cuti Idulfitri 2018, setelah tim seleksi melaporkan hasil seleksinya ke KSN. Tim telah mengikuti aturan di PP Nomor 11 Tahun 2017, bahwa selain harus laporan ke KASN, juga harus berkoordinasi dengan gubernur, minta rekomendasi untuk pelantikannya.

“Maka, kami laporkan itu sebelum cuti Idulfitri, bahwa kami telah melaksanakan proses seleksi calon sekda, disampaikan hasilnya, dan mohon selanjutnya rekomendasi untuk pelantikan. Cuma sampai sekarang tidak tahu bagaimana, rekomendasi dari gubernur belum turun, kami juga bingung kenapa, sementara dari KASN saja yang harus mempelajari dulu laporan seleksinya sudah keluar, tapi dari gubernur, justru belum turun,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah berkoordinasi ke pemerintah provinsi, di antaranya melalui BKD dan ajudan gubernur. “Informasinya posisi surat itu sudah di meja gubernur, itu pekan kemarin kami konfirmasi, dan katanya belum didisposisi oleh gubernur. Kami harap, gubernur segera memberikan rekomendasi, karena di KASN itu minta suruh upload dulu surat rekomendasi gubernurnya baru lakukan pelantikan,” ucapnya.

Ia mengatakan, jika pekan ini surat rekomendasi dari gubernur sudah turun, maka pihaknya dapat mempersiapkan dan mengajukan jadwal pelantikan ke bupati. “Sekarang pemkab posisinya nunggu rekomendasi gubernur dulu, rekomendasi KASN juga sudah kami tembuskan ke gubernur Senin (2/7/2018) pagi. Kalau minggu ini, rekomendasi gubernurnya keluar minggu ini juga bisa pelantikan, paling persiapan tiga hari, untuk persiapan undangan dan sebagainya, tentu menyesuaikan jadwal bupati,” tuturnya.

Ia menuturkan, dalam rekomendasi gubernur hanya mempersilakan untuk dilakukan pelantikan. “Kurang lebih begitu rekomendasinya, karena provinsi sebagai wakil pemerintah pusat, jadi pemkab harus koordinasi,” katanya. (YY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here