Penetapan RPJMD Kota Serang Diyakini Tepat Waktu

SERANG, (KB).- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang Djoko Sutrisno optimistis penetapan Peraturan daerah (Perda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Serang 2019-2023 selesai dalam waktu 6 bulan sesuai amanat undang-undang.

“Insya Allah sebelum 5 Juni sudah ditetapkan. Kan 6 bulannya itu 5 Juni ya, dari tanggal 5 Desember pelantikan,” kata Djoko kepada Kabar Banten, Ahad (21/4/2019).

Dengan waktu tersisa sekitar satu bulan lebih, ia meyakini RPJMD 2019-2023 bisa ditetapkan. Sehingga, sesuai amanat Undang-undang RPJMD harus selesai dalam 6 bulan pascapelantikan. “Sekarang kan baru tanggal 21 April, masih ada satu setengah bulan hingga 5 Juni,” ucapnya.

Ia mengatakan, proses tahapan mulai dari awal hingga penetapan RPJMD cukup panjang, di antaranya harus ada forum konsultasi publik kemudian draf diserahkan ke dewan, selanjutnya meminta rekomendasi ke provinsi.

Dilanjutkan dengan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), finalisasi menjadi sebuah rancangan RPJMD dan kembali diserahkan ke dewan. Setelah itu diparipurnakan dan dibahas oleh pansus. Setelah mendapat persetujuan baru kemudian ditetapkan peraturan daerah (perda). “Pembahasan pansus kemudian nanti ditetapkan perdanya,” ujarnya.

Ia mengatakan, RPJMD tersebut sudah melalui tahapan paripurna dengan agenda pemandangan fraksi-fraksi dan jawaban wali kota. Maka, kata dia, tinggal pembahasan di pansus untuk menyelesaikannya.

Ia berharap, pansus segera melakukan pembahasan agar selesai sesuai amanat undang-undang. “Kalau menurut ketentuan ya 6 bulan saja bunyinya gak ada lagi tambah-tambahan, sehingga harus selesai,” ucapnya.

Terkait kritikan dewan tentang naskah RPJMD yang dalam penyajiannya masih ditemukan kesalahan data, ia mengakui hal itu terjadi pada draft awal. Namun, kekeliruan tersebut sudah diperbaiki.

“Itu yang draf awal yang baru konsultasi publik, memang ada data-data yang masih kosong terutama capaian indikator yang lima tahun terakhir itu ada yang tidak diisi. Tapi setelah Musrenbang semuanya sudah selesai,” katanya. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here