Penetapan Caleg DPRD Banten Terpilih Tunggu SK KPU RI

SERANG, (KB).- KPU Banten belum menentukan jadwal pelaksanaan penetapan caleg DPRD Banten yang terpilih pada Pemilu serentak 2019. Sebab, mereka masih menunggu surat keputusan (SK) dari KPU RI terkait penetapan caleg terpilih untuk DPRD Banten.

Komisioner KPU Banten Eka Setialaksmana menuturkan, penetapan caleg terpilih pada Pemilu serentak 2019 di Banten baru dilakukan di tiga KPU kabupaten/kota. Selanjutnya akan menyusul empat kabupaten/kota lain yaitu Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Pandeglang.

Sementara untuk KPU Banten kemungkinan baru bisa dilaksanakan akhir bulan ini. “Sekarang kan baru tiga kabupaten/kota, lima lagi belum,” katanya, Selasa (23/7/2019).

Penetapan caleg terpilih oleh empat KPU kabupaten/kota menyusul telah dikeluarkan putusan dissmisal oleh MK, terhadap gugatan PHPU yang dilayangkan partai politik. “Kaya Demokrat di Pandeglang itu dissmisal, jadi Pandeglang sudah bisa bersiap melaksanakan penetapan caleg terpilih untuk DPRD Pandeglang. Begitu pula Cilegon. Mudah-mudahan provinsi juga cepat selesai,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan penetapan caleg terpilih di KPU Banten, kata dia, berpatokan pada SK KPU. Pihaknya baru bisa menjadwalkan penetapan setelah SK ini turun. “Kalau (SK) sudah ada bisa ditetapkan. Jadi kalau dihitung ada empat kabupaten/kota dan ditambah provinsi yang akan melaksanakan penetapan, yang tersisa Tangsel saja,” ucapnya.

Ketua KPU Banten Wahyul Furqon menuturkan, pihaknya masih menunggu SK dari KPU RI untuk dasar penetapan caleg DPRD Banten yang terpilih. “Divisi hukum masih sidang di MK terkait pembuktian ada beberapa partai yang mengajukan gugatan PHPU. Yang pasti kita tunggu putusan dari MK dan surat dari KPU. Harapannya sih akhir bulan ini bisa ditetapkan, tapi kalau nggak bisa Juli ini kemungkinan Agustus,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan 7 partai politik (parpol) terkait perkara perselisihan hasil Pemilu 2019 di tingkat Provinsi Banten. MK hanya meneruskan gugatan dari Partai Nasdem untuk DPR RI dapil Banten III dan DPRD Kota Tangerang Selatan dapil V.

Komisioner KPU Banten Nurkhayat Santosa menuturkan, penolakan terhadap gugatan diketahui melalui putusan sela MK. Putusan ini memuat gugatan dari 7 parpol dengan rincian dua parpol yang sudah gugur di awal yakni Golkar dan PAN, serta lima parpol yang sidang dilanjutkan sampai keluar putusan sela. “Hanya menyisakan perkara nomor 192 Partai Nasdem di dapil Banten III dan Tangsel V,” katanya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here