Penertiban PKL Pasar Rau, Tim Masih Cari Formula Terbaik

Warga melintas di depan Lapak PKL Pasar Rau yang berada di trotoar Jalan.*

SERANG, (KB).- Tim penertiban pedagang kaki lima (PKL) di Kawasan Pasar Induk Rau (PIR) masih terus melakukan pembahasan untuk mencari formula terbaik, agar penertiban tidak hanya bersifat sementara.

Asisten Daerah (Asda) II Kota Serang Djoko Sutrisno mengatakan, pihaknya masih harus melakukan pemantapan sebelum melaksanakan penertiban. Sebab, sudah tiga kali dibentuk tim untuk penertiban PIR, namun setelah itu kondisinya kembali semrawut dan tidak teratur kembali.

“Saya inginnya permanen, tahapannya kan harus mantap. Kalau sudah selesai rancang tahapannya nanti baru saya lapor pak wali kota. Kalau pak wali kota berkenan baru kami (tertibkan),” katanya kepada Kabar Banten, Jumat (26/7/2019).

Untuk menciptakan penertiban yang bersifat permanen, ujar dia, tentunya konsep yang ditawarkan harus bisa diterima pedagang dan pembeli. Sebab, selama ini pedagang tidak mau berjualan di dalam area pasar, karena alasan sepi pembeli. Hal tersebut bisa disebabkan, karena tidak nyaman ataupun kurangnya fasilitas lain.

“Kalau nantinya pembeli gak mau datang jadinya pedagang turun mendekati pembeli, iya kan,” ucap mantan Kepala Bappeda Kota Serang tersebut.

Ia menuturkan, hal tersebut tidak terlepas dari rencana untuk menempatkan semua pedagang yang ada di luar area pasar masuk ke dalam, sehingga pasar tidak lagi terlihat semrawut dan kumuh.

“Seluruhnya (pedagang) harus masuk ke dalam, tapi bagaimana (agar) mereka tidak kembali keluar lagi, pembeli kenapa tidak mau ke dalam mungkin aksesnya, mungkin parkirnya, banyak faktor,” tuturnya.

Ia mengatakan, pengelola pasar sudah sepakat untuk dilakukan penertiban dan siap mendukung dan turut terlibat dalam rencana penertiban.

“Kalau dia gak terlibat gimana, dia sebagai pengelola dan dia sudah siap bersama-sama pemkot Serang,” katanya.

Saat ini, ujar dia, tim sudah dua kali melaksanakan rapat dan diharapkan penertiban bisa berjalan masih dalam rangkaian HUT ke-12 Kota Serang.

“Kami sih berharap, momentum ulang tahun bisa dilaksanakan. Tapi, kalau semuanya sudah clear, sudah sepakat dengan tahapan-tahapannya,” ucapnya. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here