Penerjemah Khotbah Jumat, Pemkot Serang Uji Coba di Masjid Al-Madani

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan melakukan uji coba terkait penerjemah bahasa isyarat pada khotbah Jumat di Masjid Al-Madani di Puspemkot Serang.

Sebelumnya, Komunitas Area Disabilitas (Koreda) meminta kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang untuk menyediakan penerjemah bahasa isyarat pada khotbah Jumat.

Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, Pemkot Serang menyambut baik terhadap usulan penerjemah bahasa isyarat pada khotbah Jumat. Sebagai bukti keseriusannya dan untuk tahap awal, masjid Al-Madani Puspemkot Serang siap menjalankan uji coba tersebut.

“Silakan, ini bisa dijadikan sebagai percontohan bagi masjid lain yang juga ingin menerapkan. Untuk teknisnya dapat berkoordinasi dengan DKM Masjid Al-Madani. Kalau bisa, langsung saja diuji coba besok (hari ini). Karena, kami pun menyambut baik usulan itu, agar dapat menerapkan penerjemah bahasa isyarat di setiap khotbah Jumat,” katanya.

Ia mengatakan, beberapa organisasi Islam, seperti MUI dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) serta organisasi lainnya telah mendukung rencana tersebut.

“Saya sudah mendengar beberapa organisasi yang mengaku mendukung rencana itu. Maka, saya sebagai Pemkot Serang, juga akan mendukung niat baik yang dijalankan oleh teman-teman pegiat disabilitas,” ujarnya.

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Serang Sediakan Penerjemah Khotbah Jumat

Sementara, Ketua Koreda Kota Serang Moch Ridwan menuturkan, sudah berkoordinasi dengan DKM masjid Al-Madani, namun pihak DKM masih menunggu surat rekomendasi dari MUI Kota Serang.

“Untuk koordinasi kami sudah. Hanya saja dari pihak DKM mengaku, masih menunggu surat rekomendasi dari MUI Kota Serang,” ucapnya.

Sampai saat ini, pihaknya masih melakukan komunikasi dengan MUI Kota Serang berkaitan dengan rekomendasi tersebut.

“Sebenarnya kami bisa mencoba di masjid lain. Tapi, kami ingin langkah ini dimulai dari pemerintah selaku pemangku kebijakan, sehingga dorongan untuk mewujudkan kota yang ramah disabilitas, dapat semakin konkret,” tuturnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here