Sabtu, 17 November 2018

Penerimaan Mahasiswa Baru 2019, Sholeh Hidayat: Tes Dahulu Baru Daftar ke PTN

SERANG, (KB).- Rektor Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Sholeh Hidayat mengatakan, pola menerimaan mahasiswa baru 2019 di perguruan tinggi negeri (PTN) akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Calon mahasiswa akan tes terlebih dahulu baru mendaftar ke universitas.

“Seperti yang diungkapakn Menteri Ristekdikti pada tahun depan seleksi masuk PTN dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT bagi calon mahasiswa baru dan berfungsi, untuk mengelola serta mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh rektor PTN, sistem tes akan berbeda jauh dengan tahun sebelumnya ,” katanya kepada Kabar Banten, Ahad (4/11/2018).

Ia menjelaskan, jika tahun sebelumnya peserta daftar dahulu baru tes atau seperti mengikuti tes TOEFL, maka pada 2019 tes dahulu, kemudian dapat nilai. Nilai tersebut yang dipakai untuk mendaftar ke PTN, sedangkan untuk sistem tes masuk PTN pada 2019 hanya satu model, yakni ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

“Pada penerimaan mahasiswa baru nanti tidak ada lagi ujian berbasis kertas dan UTBK berbasis Android untuk sementara belum diterapkan, karena masih dikembangkan. Ada dua materi, yakni tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik,” ujarnya.

Menurut dia, hal tersebut selaras dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang telah menetapkan kebijakan terkait Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) 2019. “Kebijakan tersebut terkait perkembangan model seleksi dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel, serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital,” ucapnya.

Ia menuturkan, terbarunya lagi, sistem tersebut, bagi siswa yang sekolah SMA/SMK kelas tiga, meski belum lulus UNBK, sudah bisa mengambil tes lebih dahulu mulai Januari 2019. “UTBK SBMPTN waktunya cukup panjang pada Sabtu (30/3/2019) sampai dengan Ahad (26/5/2019) dilaksanakan 12 kali atau 24 sesi (pagi dan siang) di PTN tempat mendaftar. Hasil tes UTBK SBMPTN hanya berlaku satu kali periode tahun ajaran penerimaan,” tuturnya.

Ia mengatakan, pola seleksi masuk PTN2019 tetap akan dilaksanakan melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), dan Ujian Mandiri. “Dengan masing-masing daya tampung SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN 40 persen, dan Seleksi Mandiri 30 persen dari kuota daya tampung setiap program studi,” katanya. (DE/MH)*


Sekilas Info

ICMI-BEM Untirta Gelar Panggung Budaya

SERANG, (KB).- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Bidang Budaya bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *