Penerimaan CASN 2018 untuk Formasi Khusus

JAKARTA, (KB).-¬†Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun ini untuk formasi khusus. “Kalau CASN formasi khusus kami buka pada tahun 2018. Akan tetapi, kalau yang sifatnya administratif, kita masih moratorium,” kata Menpan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Menurut dia, hingga kini jumlah abdi negara di bidang administrasi masih mendominasi di Indonesia, yakni sebanyak 62 persen dari total ASN. Oleh karena itu, kata Asman, penerimaan CASN di bidang tersebut masih akan ditahan sampai waktu yang belum ditentukan. “Pada tahun 2018, kami fokus pembukaan di bidang kesehatan, pendidikan, dan di beberapa bidang khusus, di antaranya ada petugas imigrasi, penjaga lembaga permasyarakatan, dan hakim,” ujarnya.

Terkait dengan petugas lapas dan hakim, pihaknya belum tahu pasti jumlahnya berapa. Akan tetapi, datanya itu sudah dikaji oleh Kemenkumham dan Mahkamah Agung. Sebelumnya, moratorium perekrutan CASN rencananya hingga 2019 karena biaya belanja pegawai dinilai pemerintah membuat APBN dan APBD membengkak. Selain itu, rekrutmen sebelumnya yang tidak tepat sasaran kebutuhan juga menjadi indikasi moratorium tersebut. (Ant)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here