Penerimaan CASN 2018, Situs Online BKN Sempat Error

SERANG, (KB).- Euforia pembukaan calon aparatur sipil negara (CASN) 2018 membuat informasi yang beredar menjadi simpang siur. Selain itu, akses pengumuman penerimaan CASN 2018 melalui situs sscn.bkn.go.id online di website Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sempat error dan sulit dibuka.

Berdasarkan penelusuran Kabar Banten, Rabu (19/9/2018) pagi, portal SSCN BKN tidak bisa diakses atau error. Dalam portal tersebut tertulis ‘Error establishing a database connection’. Selain itu juga tertulis bahwa portal SSCN akan dibuka pada pukul 13.00. Sementara, informasi yang berbeda mewarnai pengumuman penerimaan CASN yang juga diterbitkan di media massa, Rabu (19/9/2018).

“Sekarang ini baru sebatas pengumuman, sementara pendaftaran secara onlinenya baru dimulai pada Rabu (26/9/2018),” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan Kesejahteraan, dan Administrasi pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon, Lela Sulelah saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (19/9/2018).

Dia mengatakan, pendaftaran secara online memang belum dimulai. Inilah yang menyebabkan situs pendaftaran online di website BKN belum bisa dibuka. Menurut Lela, pihaknya memang belum mencantumkan informasi tersebut pada pengumuman pembukaan CASN 2018, Rabu (19/9). Sebab, informasi tentang pembukaan pendaftaran dari BKN baru diterima. “Surat dari BKN-nya baru datang semalam, akhirnya tidak terinformasikan dalam pengumuman pembukaan penerimaan CASN,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua LSM Gapura Banten Husain Saidan mengimbau agar BKPP Kota Cilegon berperan aktif dalam memberikan pendampingan kepada para pelamar CASN. “Khawatir ada pelamar mengalami kesulitan dalam mendaftar secara online. BKPP harus pro aktif memberikan pendampingan. Jangan sampai melamar saja kesulitan, sehingga warga Cilegon tidak bisa ikut tes ASN,” tuturnya.

Hal yang sama juga dikatakan Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel, Sri Juli Rahayu terkait informasi yang simpang siur terkait tahapan penerimaan CASN. “Hari ini baru pengumuman saja,” katanya.

Dijelaskannya, pengumuman seleksi pendaftaran CASN memuat informasi tentang kuota kursi dan formasi lowongan yang tersedia. Sedangkan tahapan pendaftaran baru akan digelar 26 September mendatang. “Pengumuman dan pendaftaran bisa dilihat di website resmi,” ujar Juli.

Meluruskan

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mudzakir mengatakan, Rabu (19/9/2018) merupakan waktu pengumuman lowongan CASN di masing-masing instansi pemerintah. “Hari ini mulai pengumuman. Untuk pendaftarannya akan dilakukan secara online terintegrasi melalui sscn.bkn.go.id. Waktunya paling cepat tanggal 26 September 2018,” ucapnya, dilansir Okezone, Rabu (19/9/2018).

Pernyataan itu disampaikan untuk meluruskan berbagai pemberitaan bahwa ada kesan tanggal 19 September 2018 mulai pendaftaran CASN. Sebelum pendaftaran, kata dia, ada proses pengumuman terlebih dahulu. Substansi pengumuman di masing-masing instansi harus dicermati dengan baik oleh calon pelamar untuk mencegah terjadinya kesalahan.
Untuk itu, Mudzakir berpesan kepada calon pelamar agar benar-benar mencermati langkah-langkah dan syarat-syarat yang diperlukan dalam tahap pendaftaran. Salah satu yang paling penting adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang harus dimiliki oleh setiap pelamar. “Pastikan pelamar memiliki NIK yang benar. Kalau perlu dicek lagi ke Dinas kependudukan dan Catatan Sipil setempat,” ujarnya.

Setelah pengumuman, kata dia, ditargetkan pada tanggal 26 September pendaftaran CASN sudah mulai bisa dibuka. Hal tersebut sesuai surat Keputusan BKN yang menyebutkan bahwa seminggu setelah pengumuman proses pendaftaran harus sudah dibuka. “Surat keputusan BKN sebutkan bahwa tanggal 26 paling cepat seminggu pengumuman, proses pendaftaran secara online dimulai,” tuturnya.

Setelah itu, 2-3 minggu ke depan akan dilakukan proses pertama yakni seleksi administrasi. Seleksi administrasi ini dilakukan oleh masing-masing instansi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah masing-masing. “2-3 minggu ke depan ini ada proses pertama, yaitu proses seleksi administrasi oleh verifikator di instansi masing-masing bukan di BKN,” ucapnya.

Setelah itu, pengumuman seleksi administrasi akan dilakukan pada 16 Oktober mendatang. Dan seminggu setelahnya akan dilakukan seleksi selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis komputer. Setelah itu, pengumuman hasil tes SKD akan dilakukan awal November dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada pertengahan November. Kemudian, pengumuman SKB akan dilakukan akhir November 2018. Dilanjutkan pemberkasan awal hingga pertengahan Desember.”Oktober akan diumumkan kelulusan seleksi administrasi. 1 minggu setelah itu pelaksanaan tes dengan komputer untuk SKD dan SKB,” ucapnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang, Yoyo Wicahyono mengatakan, terkait portal resmi BKN yang dibuka 19 September 2018 sempat mengalami gangguan. Banyak masyarakat yang memberikan informasi bahwa portal tersebut tidak dapat di akses. Dia mengatakan hal tersebut terjadi karena banyak yang mengakses informasi terkait pendaftran CPNS sehingga portal menjadi lamban.”Banyak yang mengakses informasi CPNS jadi drop,” ucapnya.

Akhirnya, dia meminta kepada Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Serang untuk melakukan penambahan benwidcth dan pendampingan teknik. Namun untuk pendaftaran ia meyakini portal akan berjalan secara lancar. “Nanti kalau pendaftaran juga langsung ke portal resmi. Kehandalan portal sudah diuji coba oleh Kementerian jadi untuk pendaftaran kuat,” ujarnya. (SN/SJ/DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here