Selasa, 25 September 2018

Penerimaan CASN 2018, Kota Cilegon Dapat Kuota 230 Orang

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon telah mendapatkan informasi terkait kuota calon aparatur sipil negara (CASN) pada pembukaan seleksi terbuka 2018.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB) telah menyatakan bahwa kuota untuk Kota Cilegon 230 CASN. Kabarnya, informasi itu telah diterima Pemkot Cilegon,
Senin (10/9/2018).

Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, jumlah kursi CASN untuk Kota Cilegon sebanyak itu masih kurang, karena kebutuhan ASN di lingkungan Pemkot Cilegon kurang lebih 700 orang.

“Pengajuan tahun ini yang diajukan BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) lebih dari jumlah kuota yang diterima saat ini,” kata Edi saat ditemui seusai membuka acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kota Cilegon, Rabu (12/9/2018).

Ia berharap, tahun depan kembali ada rekrutmen CASN daerah untuk menutupi kekurangan pegawai yang ada di Pemkot Cilegon. Setiap tahunnya ASN banyak yang pensiun, sehingga jumlahnya terus berkurang. Jika tidak ada rekrutmen CASN, tentu akan memengaruhi jalannya pemerintahan.

“Saat ini kekurangan ASN ditutupi dengan tenaga honorer, baik honorer yang diangkat langsung oleh Pemkot Cilegon atau honorer THL (Tenaga Harian Lepas) yang diangkat oleh masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah),” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon Mahmudin menuturkan, 230 kuota CASN yang diterima Pemkot Cilegon terbagi untuk beberapa elemen. 73 formasi untuk guru, 125 formasi tenaga kesehatan, 19 tenaga honorer Kategori 2 (K2), dan staf teknis umum sebanyak 13 formasi. “Ini Pemda (Pemerintah Daerah) hanya menerima kuota dari Kemenpan RB,” ujarnya.

Menurut Mahmudin, kuota CASN yang diterima oleh pemerintah daerah berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja, serta jumlah ASN yang pensiun. Namun, ia tidak memungkiri jika jumlah kuota CASN yang diterima berkat hasil lobi BKPP kabupaten atau kota.

“Setiap kota atau kabupaten jumlahnya berlainan sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah,” tuturnya.

Pada rekrutmen CASN tahun ini, kata dia, ada dua jalur yaitu jalur umum dan jalur khusus. Jalur umum merupakan rekrutmen seperti biasa, sementara jalur khusus untuk penyandang disabilitas dan peraih predikat kelulusan cumlaude.

“Khusus untuk honorer K2, tahun ini khusus untuk honorer K2 guru. Honorer K2 juga yang usianya maksimal 35 tahun, serta pernah mendaftar CASN pada 2013,” katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan rekrutmen CASN 2018 untuk Kota Cilegon akan dilakukan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Banten. Prosesnya melalui CAT (Computer Assist Test). (AH)*


Sekilas Info

Kejari Kota Cilegon Diteror Bom

CILEGON, (KB).- Kantor Kejari Cilegon mendapat teror bom lewat pesan singkat, Selasa (25/9/2018). Tim Gegana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *