Penerimaan Calon Anggota PPK, KPU Kota Cilegon Terima 5 Pengaduan

CILEGON, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menerima 5 surat pengaduan masyarakat terkait rekrutmen calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK). Pengaduan masyarakat tersebut, merupakan tanggapan atau saran terhadap hasil seleksi PPK yang memasuki 10 besar.

“Pengaduan masyarakat tersebut, disampaikan warga melalui surat resmi ke Kantor KPU Kota Cilegon disertai identitas,” kata Komisioner KPU Kota Cilegon Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Patchurrohman, Jumat (7/2/2020).

Dia menuturkan, dari lima surat pengaduan tersebut isinya bermacam-macam ada yang menyangkut masalah integritas maupun surat dukungan. KPU Kota Cilegon, kata dia, memang membuka ruang untuk masyarakat memberikan tanggapan.

Untuk memroses pengaduan masyarakat tersebut, pihaknya akan melakukan konfirmasi kepada calon anggota PPK yang diadukan saat tes wawancara yang akan dilakukan pada Sabtu-Senin (9-10/02/2020).

Hingga saat ini, calon anggota PPK yang berhak mengikuti tes wawancara 77 orang. Jika memang pengaduan warga tersebut benar adanya, maka akan menjadi penilaian terhadap kelima calon PPK dalam penilaian tes wawancara.

“Peluangnya yang masuk tanggapan bisa ya bisa tidak, tergantung hasil tes wawancara nanti. Walaupun kami targetkan masing-masing kecamatan 10 dan ada yang tidak memenuhi kuota, kami tidak mempermasalahkan,” ujarnya.

enurut Patchurrohman, tanggapan dan masukan tersebut, merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas proses perekrutan PPK. Dengan dibukanya kesempatan masyarakat untuk menanggapi calon PPK, seluruh elemen masyarakat bisa memberikan masukan dan pengawasan terhadap anggota ad hock penyelenggara Pemilu yang nanti dipilih oleh KPU.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Cilegon Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Urip Haryantoni menuturkan, tanggapan masyarakat yang disampaikan ke KPU merupakan bukti bahwa masyarakat mengikuti jalannya tahapan Pilkada yang dilaksanakan KPU.

“Kami akan terus mengawasi dan mengapresiasi keterlibatan masyarakat dalam proses seleksi calon PPK,” ucapnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here