Penerima PKH & Rastra Diberi Label Miskin

    PANDEGLANG, (KB).- Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang berencana akan memberi penanda khusus atau label bertuliskan keluarga miskin penerima bantuan di setiap rumah bagi penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Beras sejahtera (Rastra) di Pandeglang. Hal itu dilakukan untuk memastikan penerima manfaat betul-betul tepat sasaran.

    Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kabupaten Pandeglang Yeni mengatakan, rumah para penerima manfaat PKH dan rastra nantinya diberi cat semprot bertuliskan keluarga miskin penerima bantuan. Hal itu untuk memastikan apakah bantuan tersebut betul-betul sampai kepada sasaran.

    “Kita akan cat semprot setiap rumah penerima bantuan, baik rastra maupun PKH. Dengan begini kita bisa tahu, warga yang betul-betul miskin dan layak menerima bantuan,” kata Yeni, Kamis (11/7/2019).

    Menurut dia, rencana tersebut masih terkendala oleh anggaran. Karena, tidak sedikit rumah penerima yang harus diberikan tanda. Meski demikian, pihaknya sudah mengusulkan untuk anggaran tersebut. “Karena itu kan jumlahnya banyak yah jadi kita terkendala oleh anggarannya, tapi saya berharap itu bisa terwujud,” ujarnya.

    Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang E Supriadi mendukung langkah tersebut. Sehingga, kata dia, dengan adanya lebel miskin tersebut bisa diketahui mana yang layak dapat bantuan atau tidak. “Kalau seperti itukan semua orang bisa tau, nanti mana yang layak dapat bantuan PKH dan rastra itu tepat sasaran atau tidak,” ucapnya.

    Sebab menurut dia, banyak pengaduan dari masyarakat yang layak dapat bantuan tetapi tidak, begitu juga sebaliknya. Sehingga, dengan langkah tersebut bisa memberikan efek malu bagi keluarga yang tergolong secara ekonomi lebih baik.

    “Kalau ada misalkan rumahnya bagus, tetapi ada tempelan keluarga tidak mampu, apakah pemilik rumahnya tidak malu? Mudah-mudahan kalau seperti itu mereka juga tidak mau rumahnya ada lebel miskin, sehingga itu bisa dialihkan kepada yang benar-benar tidak mampu,” tuturnya. (Ade Taufik/IF)*

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here